MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBING PROMPTING LEARNING
Abstract
Pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK tahun ajaran 2016/2017 yang memfokuskan pada aktivitas, perbedaan tes awal dan tes akhir, dan respon siswa. Metode yang digunakan adalah metode probing prompting learning diharapkan meningkatkan kreatifitas siswa terhadap tahapan kegiatan dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dan dapat menuntun siswa dalam pembelajaran teks prosedur kompleks. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen atau quasi ekeperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode probing prompting learning telah berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan; (2) perbedaan tes awal dan akhir pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode probing prompting learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, catatan lapangan, angket, tes, dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, angket, lembar penilaian keterampilan menulis teks prosedur kompleks dan dokumentasi foto. ; dan (3) respon siswa setelah pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan  menggunakan  metode Probing Prompting Learning. Berdasarkan hasil penelitian observer bahwa aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen 96% dan 91 % sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil sebesar 95% dan 87%, hasil perolehan respon positif 92% sedangkan respon negatif 8%. Hasil tes siswa pada kelas eksperimen sebelum perlakan  sebesar 78,20 setelah perlakuan 85,51 serta nilai kelas kontrol sebelum perlakuan 78,02 dan dan setelah perlakuan 81,74. Hasil perhitungan Asymp. (2-failed) mencapai 0,003 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode probing prompting learning pada siswa kelas X SMK.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.104-122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).