Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Ekspektasi Return Terhadap Minat Berinvestasi Cryptocurenncy Melalui Fomo Sebagai Variabel Moderasi Pada Generasi Z Kota Surabaya
Abstract
Penelitian ini menyelidiki dampak kemajuan teknologi dan ekspektasi imbal hasil terhadap minat investasi Generasi Z pada mata uang kripto, dengan fokus pada peran moderasi Fear of Missing Out (FoMO). Pendekatan kuantitatif digunakan, dengan menggunakan survei terhadap 141 investor mata uang kripto Generasi Z. Temuan ini mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi, ekspektasi imbal hasil, dan FoMO secara signifikan mempengaruhi minat investasi. Kemajuan teknologi memfasilitasi akses mudah ke informasi dan platform investasi, sementara ekspektasi keuntungan yang tinggi dan ketakutan kehilangan potensi keuntungan mendorong keputusan investasi. Selain itu, FoMO ditemukan memoderasi hubungan antara kemajuan teknologi dan minat investasi. Hasil-hasil ini menyoroti pentingnya memahami faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan investasi, terutama di kalangan generasi muda.
Kata kunci: Mata Uang Kripto; Ekspektasi Pengembalian; FoMO; Generasi Z; Kemajuan Teknologi; Minat Berinvestasi.
Abstract
This study investigates how technological progress and anticipated returns influence Generation Z's interest in cryptocurrency investments, specifically considering the moderating effect of Fear of Missing Out (FoMO). A quantitative approach was employed, using a survey of 141 Generation Z cryptocurrency investors. The results show that technological progress, anticipated returns, and FoMO notably impact investment interest. Technological advancements facilitate easy access to investment information and platforms, while high return expectations and the fear of missing out on potential profits drive investment decisions. Furthermore, the study revealed that FoMO acts as a moderator in the relationship between technological advancements and investment interest. The results from this study emphasize the significance of comprehending the psychological elements impacting investment behaviors, most notably among the younger cohorts. Implications for financial education, regulatory policies, and investment platforms are discussed.
Keywords: Cryptocurrency; Ekspektasi Return; FoMO; Generasi Z; Kemajuan Teknologi; Minat Berinvestasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS), Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis (1st ed.).
Agustini, A. P., Oktapiani, O., Septrianingsih, H., & Zukhri, N. (2023). From Financial Literacy to FoMO: Menggali Keterkaitan Literasi Keuangan, Social media influencer, dan Fear of missing out dalam Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6594–6604. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4305
Ainiyah, N., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Motivasi Investasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Berinvestasi di Reksadana Syariah Pada Generasi Z Kota Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islami, 5, 80–94.
Anisa, D., Anggraini, T., & Tambunan, K. (2023). ANALISIS CRYPTOCURRENCY SEBAGAI ALAT ALTERNATIF BERINVESTASI DI INDONESIA. Owner, 7(3), 2674–2682. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1698
Aziz, M. F. A. (2023) “Dampak Fenomena FoMO Terhadap Investasi Saham Pada Generasi Milenial Di Lampung” thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
Basuki, R. (2021). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial.” Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html
Bustami, A. W., Nilda, E., & Dewi, N. S. (2021). Pengaruh Ekspektasi Return dan Risiko Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Galeri Investasi Syariah IAIN Kerinci. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.32939/fdh.v2i2.957
Cahya, B. T., & Kusuma, N. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 07(https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Al-masharif/issue/view/267), 192–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/masharif.v7i2.2182
Chen, J. (2023). Analysis of Bitcoin Price Prediction Using Machine Learning. Journal of Risk and Financial Management, 16(1), 51. https://doi.org/10.3390/jrfm16010051
Daryati, E. (2022). Ekspektasi Return dan Peersepsi Berpengaruh Terhadap Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Investasi Saham Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universtias Muara Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 02, 115–125. https://doi.org/https://doi.org/10.36355/jms.v2i2.850
Deb, S. S., & Deb, S. (2024). Awareness of blockchain technology and FOMO on Crypto investment: An empirical study. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 1746–1750.
Duta Bramantya, L., & Suria Manda, G. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Cryptocurrency Ditinjau dari Pengaruh Influencer dan Literasi Keuangan: Literature Review. EKOMA: Jurnal Ekonomi, 3(5).
Dwiastuti, M. M. P., Pramukti, A. M., Isfaatun, E., & Kholisoh, L. (2024). Faktor- factor Yang Memepengaruhi Minat Investasi Cryptocurrency: Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 75–83. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/5014
Fatmawati, E., & Parulian, P. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, Ekspektasi Return Terhadap Minat Generasi Millenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Jesya, 7(1), 830–836. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1491
Hadita, F., Nabhani, I., & Firdaus, O. M. (2023). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investor Untuk Investasi Aset Kripto diIndonesia. Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management, 2(01), 10–17. https://doi.org/10.52434/jesm.v2i01.131
Harahap, L. K., & Pd, M. (2020). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan SMARTPLS (partial least square). Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang, 1(1), 1–11.
Hertanto, R., Muchtar, M., & Sihombing, P. R. (2024). Dinamika Pasar Cryptocurrency: Pengaruh Harga Bitcoin, Emas, Minyak Mentah, Dan IHSG Terhadap Ethereum Dan Binance Coin. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(3), 430–440. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i3.701
Kadek Diah Listiyani Putri, & I Gusti Ayu Nyoman Budiasih. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Return, dan Motivasi pada Minat Mahasiswa Berinvestasi Cryptocurrency. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(5), 181–197. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i5.785
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” dan Strategi Melayaninya. AMBASSADORS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 02(https://stt-indonesia.ac.id/journal/index.php/ojs/issue/view/3), 23–34.
Lestari, A. E., Indriani, E., & Kartikasari, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Return, Persepsi Resiko, Gender dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(4), 726–738. https://doi.org/10.29303/risma.v2i4.238
Nabila Febriyana, & Hwihanus Hwihanus. (2023). Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Ekspektasi Return, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Pada Instrumen Pasar Modal. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 48–63. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1174
Paat, R. E. F., Kindangen, P., & Rumokoy, L. J. (2023). Cryptocurrency: Do Knowledge and Emotion Impact Investment Intention? (Study On Young Adults In Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 323–335. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49740
Palupi, S. M., & Putranti, E. C. (2024). Cryptocurrency: is it the Answer of Gen Z’s Lifestyle? Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 9(2), 147–160. https://journal.stieken.ac.id/index.php/peta/article/view/865
Persada, R., & Widodo, M. W. (2021). Analisis Perbandingan Harga Saham Indeks LQ45 Sebelum Dan Semasa Pandemi Covid-19: Event Study. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 541–546. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/873
Rahmah, S., & Jannah, M. (2021). Identitas Cryptocurrency: Halal dan Haram. Ar-Ribh : Jurnal Ekonomi Islam, 4(2). https://doi.org/10.26618/jei.v4i2.6237
Saputri, N. D. M., Raneo, A. P., & Muthia, F. (2023). The FoMO Phenomenon: Impact on Investment Intentions in Millennial Generation with Financial Literacy as Moderation. Owner, 7(3), 2590–2597. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1619
Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), 88. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i1.12117
Setyadi, N., & Abdullah, Z. (2024). Analisis Pengaruh Risiko, Ekspektasi Keuntungan dan Karakteristik Sosio Demografi Terhadap Keputusan Investasi Pasar Mata Uang Kripto di Indonesia. Neraca Manajemen, Ekonomi, 4. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2375/2236
Srigustini, A., & Aisyah, I. (2021). Pergeseran Perilaku Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Berdasarkan Efek Bandwagon, Snob dan Veblen. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 92. https://doi.org/10.24036/011121710
Taufiq, E. (2024). Melek Investasi dan Pengelolaan Keuangan bagi Gen Z. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 6(2), 70–77.
Widiawira, B. Y., & Akbar, F. S. (2023). Analisis Perbandingan Kinerja Pada Aset Cryptocurrency, Saham LQ 45, Dan Emas Sebagai Instrumen Investasi. SUSTAINABLE, 3(1), 151. https://doi.org/10.30651/stb.v3i1.18400
Wirawan Widjanarko, Hadita Hadita, Farhan Saputra, & Y.A. Didik Cahyanto. (2023). Determinasi Kemudahan Akses Informasi bagi Keputusan Investasi Gen Z. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(4), 248–264. https://doi.org/10.30640/digital.v2i4.1789
Zuhdi, Z., Suharjo, B., & Sumarno, H. (2016). Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui SEM dan PLS-SEM. Journal of Mathematics and Its Applications, 15(2), 11–22. https://doi.org/10.29244/jmap.15.2.11-22
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jai.14.2.132%20-%20143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Akuntansi Indonesia
is published by Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia in collaboration with IAI KaPD.
Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112
Website: http://fe.unissula.ac.id/
Email: jai@unissula.ac.id
ISSN: 2655-9552 (Online) | 0216-6747 (Print)
DOI : 10.30659/jai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License