Literasi Keagamaan sebagai Pondasi Pengembangan Karakter Religius Siswa
Abstract
Penerapan program literasi keagamaan di SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Probolinggo sebagai upaya untuk membentuk karakter religius siswa. Program ini mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan praktik ibadah harian yang bertujuan untuk membantu siswa memahami dan menerapkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi dampak literasi keagamaan terhadap perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kesadaran spiritual, ibadah, akhlak, dan kepedulian sosial siswa, meskipun terdapat tantangan dalam menjangkau semua siswa dan risiko pengamalan yang bersifat seremonial. Respon positif dari siswa dan guru menandakan keberhasilan program dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter religius. Untuk meningkatkan efektivitas program, disarankan adanya pendekatan yang lebih personal, pembaruan kurikulum, dan pemanfaatan teknologi. Kesimpulannya, literasi keagamaan merupakan pondasi penting dalam pengembangan karakter religius siswa di SMA Taruna Dra. Zulaeha Leces Probolinggo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90–100.
Alfiyah, S., & Hariyadi, B. (2022). Internalisasi Pendidikan Akhlak dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa MI Perwanida Blitar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 110–133.
Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi pendidikan moderasi beragama di madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 9(2), 263.
Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. (2020). Implementasi metode pembiasaan: upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 1–21.
Azizah, I. N., & Utami, R. D. (2023). Gerakan Literasi Keagamaan sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius pada Siswa Sekolah Dasar. Quality, 11(1), 51. https://doi.org/10.21043/quality.v11i1.19916
Banurea, E. G. N. M., & Saragih, E. L. L. (2022). Pengenalan Literasi untuk Kemampuan Membaca dan Menulis di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 182–191.
Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2023). Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jambura Journal of Educational Management, 442–453.
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426
Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., MM, Ch., & Khoiri, A. (2021). Pendidikan Ramah Anak. Cipta Media Nusantara.
FARID, F. S. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP N 3 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Fiter, F., Harmi, H., & Rini, R. (2024). Penanaman Karakter Kepedulian Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdit Khoirul Ummah. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Frianda, F. (2023). Implementasi Penanaman Nilai Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah (di Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Ibda, H. (2022). Ekologi Perkembangan Anak, Ekologi Keluarga, Ekologi Sekolah dan Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 4(2), 75–93.
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Jumahir, J. (2023). Penerapan Nilai-nilai Praktik Budaya Keagamaan (Religious Culture): Studi Multikasus Pada MAN 1 dan MAN 2 Banggai. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Khoiriyah, K. (2023). Internalisasi Pendidikan Multikultural Di Pesantren. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 070. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1810
Khoiriyah, Kholilah, N., Salsabila, R., Putri, W. A., & Prasetiya, B. (2022). Peran Guru Pai Terhadap Kenakalan Remaja Di Sman 1 Kota Probolinggo. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 299–308. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.477
Kuswandi, I., Wajdi, M. B. B. N., Al Faruq, U., Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Respon Kebijakan Pemerintah Desa Terhadap Peraturan Bupati Wajib Madrasah Diniyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.46
Laraswati, P. (2023). Analisis Pengembangan Minat, Bakat, dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Muara Sugihan melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam. UNIVERSITAS BINA DARMA.
Lissa, A. M. (2023). Implementasi pendidikan akhlak dan sikap kemandirian pada siswa boarding school di sma muhammadiyah plus kota salatiga. Ijmus, 4(1), 49–63.
Marlina, C. N. (2024). Persepsi dan Kesiapan Guru Bidang Studi Fikih dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di MTsN Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Muhibah, S. (2020). Model pengembangan pendidikan karakter melalui pendidikan agama di perguruan tinggi: Studi kasus di Universitas Serang Raya. Edukasi, 18(1), 54–69.
Mulyana, A. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI ASY-SYIFA BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Munawir, M., Salsabila, W., & Sudibyo, I. B. J. (2024). Analisis Pendidikan Agama Islam melalui Pendekatan Studi Literatur Terkini: Pemahaman Mendalam untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(2), 1156–1167.
Niam, M. F. (2024). Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Nasional.
Nurdianto, T. (2020). Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Nurhaliza, S. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Sosial dalam Memainkan Peran Penting Membentuk karakter Moral dan Sosial Siswa. Integrated Education Journal, 1(1), 1–21.
Prastyo, F. A. (2023). Pembentukan karakter religius siswa di boarding school smk Ma’Arif 6 kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (Indonesia).
Putra., P. H. P. A. (2024). Penguatan Karakter Era Digitalisasi Perbatasan Indonesia-Malaysia.
Rahmawati, S. (2021). Penerapan Literasi Digital Sebagai Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius pada Peserta Didik Kelas X di SMKN 1 Ponorogo. IAIN PONOROGO.
Sama’Iradat Tito, N. L. I., Nora, F. L., Ilma, H., Setyowati, D. A., Nielna, N. M., Septianing, E., … Islamya, N. A. A. (2021). Kegiatan Penanaman Toga di Bumdes Oleh Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik Guna Menumbuhkan Kepedulian Kesehatan Masyarakat. Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat KOPEMAS 2021.
Suflawiyah, S. (2021). Literasi Membaca Perspektif Al-Qur’an Dan Prakteknya Dalam Pendidikan Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs). Institut PTIQ Jakarta.
Suhartanti, R. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Remaja Melalui Kegiatan Pembacaan Kitab Al-Barzanji Di Desa Bajang Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. IAIN PONOROGO.
Syadzili, M. F. R. (2020). Konsep Desain Pendekatan Ilmiah Pendidikan Agama Islam. Malang: Pustaka Learning Center.
Syahputra, M. A., & Muktarruddin, M. (2023). Sinergi dalam perbedaan: pola komunikasi harmonis antara tokoh agama Islam dan Kristen untuk toleransi beragama.
ULIN, R. (2022). ETIKA SANTRI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Pondok Pesantren al-Hikmah, Kedaton, Bandar Lampung). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Yudeansyah, N. (2021). Peranan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mempertahankan Nilai Religiusitas Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Pada Sma Negeri 5 Bengkulu Selatan). UIN Fatmawati Sukarno.
Yufiarti, M., Japar, M., & Siska, Y. (2023). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Garudhawaca.
YULIANA, E. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Kurikulum Merdeka di Kinderstation Senior High School Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Zaini, A. W., Rusdi, N., Suhermanto, S., & Ali, W. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama di Sekolah: Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. Journal of Educational Management Research, 1(2), 82–94.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.7.2.19-39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religius Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License