Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam

Journal titleAl-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam
AbbreviationJSPI
Frequency2 issues per year (January-June and July-December)
Type of ReviewDouble Blind Review
Online ISSN2614-3941
DOI Prefix10.30659/jspi
Editor in ChiefSamsudin Salim, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Managing EditorToha Makhshun, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
PublisherUniversitas Islam Sultan Agung, in collaboration with PP-PAI Indonesia

Al-Fikri Journal is a journal of Islamic Education Studies published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia. Al-Fikri Journal is a blind peer-reviewed international journal publishing manuscripts in Islamic educational studies and research. It is a semi-annual journal published in January-June and July-December to develop the scientific ethos. (E-ISSN: 2614-3941) The article submission and the review process are not subject to any charge, but the publication fee (ONLY if published) is charged IDR 300.000. Al-Fikri has been accredited by SINTA 5 and indexed in several credible indexing services (see Abstracting and Indexing for more information).


Indexed in:


Vol 8, No 2 (2025): Transformasi Pembelajaran PAI di Era Digital

Perkembangan teknologi digital telah mengubah secara signifikan pendekatan pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Di era digital ini, guru dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana untuk meningkatkan efektivitas, keterlibatan, dan pemaknaan dalam pembelajaran agama. Edisi ini mengangkat tema Transformasi Pembelajaran PAI di Era Digital sebagai respon terhadap tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh digitalisasi dalam dunia pendidikan. Fokus utama diberikan pada inovasi-inovasi media pembelajaran berbasis teknologi, seperti komik digital, aplikasi interaktif, gamifikasi Islami, serta platform pembelajaran daring yang disesuaikan dengan nilai-nilai keislaman dan karakter peserta didik. Isu ini mengundang artikel hasil penelitian, studi pengembangan, maupun telaah konseptual yang membahas: Pengembangan dan implementasi media digital dalam pembelajaran PAI di berbagai jenjang. Efektivitas pembelajaran berbasis teknologi dalam menanamkan nilai-nilai akhlak dan spiritualitas Islam. Model dan strategi pembelajaran PAI yang relevan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Studi kasus pemanfaatan teknologi (e-learning, LMS, multimedia, dll.) dalam pembelajaran sejarah Islam, akidah akhlak, fikih, dan bidang PAI lainnya. Peran guru dan kesiapan lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi digitalisasi pembelajaran. Melalui edisi ini, diharapkan terbangun ruang diskusi ilmiah untuk memperkuat integrasi teknologi dan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran, sehingga Pendidikan Agama Islam tetap kontekstual, adaptif, dan bermakna bagi generasi digital masa kini.

Table of Contents

Articles

Lisna Agustin, Tsania Qisma Nabila, Anggun Mutiara Rahmatunisa, Ani Nur Aeni
PDF
1-15
Diana Sartika, Arman Husni
PDF
16-31