STRATEGI PEMBELAJARAN YANG HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK

Diana Sartika, Arman Husni

Abstract


Pendidikan harus mampu  mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan yang humanis merupakan salah satu cara mengembangkan potensi peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang humanis bagi peserta didik di lingkungan pendidikan formal. Pendekatan humanis dalam pembelajaran menekankan pada penghargaan terhadap potensi, kebutuhan, dan keunikan setiap individu peserta didik, sehingga proses belajar tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan kepribadian dan karakter yang utuh. Metode yang digunakan dalam penelitian literatur review. Dengan mencari berbagai refernsi yang berkaiatan dengan tema yang di bahas.  Startegi pembelajaran yang humanis yang bisa diterapkan adalah strategi Active Learning dengan metode Role playing, Problem Based Learning, Project Based Learning, Diskusi, dan metode- metode yang mampu membuat siswa aktif dan guru hanya sebagai fasilitator yang akan membimbing siswa dalam melakukan aktifitas- aktifitas yang ada pada proses pembelajaran serta penciptaan suasana belajar yang kondusif, dialogis, dan menyenangkan.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Humanis, Peserta Didik


Keywords


Strategi Pembelajaran, Humanis, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Anggraini, F. S., Haria, A., & Yunus, M. (2022). Pendidikan Agama Islam Berbasis Humanisme. International Conference on …, 107–122.

Eriza, D. F., & Hadi, M. S. (2023). Efektifitas Project Based Learning (PjBL) Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 106–116.

Handayani, Ilham Putri, T. H. (2020). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pai Pada Kma 183 Tahun 2019. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(July), 1–23. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/download/1433/898

Masbur, M. (2016). Integrasi Unsur Humanisasi, Liberasi Dan Transidensi Dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 44. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.690

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? In Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Muhtadi, M. (2018). PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. In Disertasi (Issue 1). https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/60/1/2018-MOHAMMAD MUHTADI-2015.pdf

Muhtadi, M. (2021). PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM PERSPEKTIF AL- QUR ’ AN Institut PTIQ Jakarta. Jurnal Al Ashriyyah, 7(1), 37–54.

Munawar. (2017). Humanisasi Dalam Tujuan Pendidikan Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 1(1), 89–102. http://jurnal.staih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/14

Nabila. (2021). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 5 Mei 2021 p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920 Pendidikan, 3(2), 6. file:///C:/Users/Toshiba/Downloads/170-Article Text-5970-1-10-20221012.pdf

Nasution, H. A., & Suyadi. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 31–42. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-03

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. and wang. (2012). Teaching and Learning 21 st Century Lesson from the Learning Sciences. Asia Society, Partnership for Global Learning. 1-35. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf

Sari, Milya, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Solichin, . Mohammad Muchlis. (2019). Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran.

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Tusadia, A., & Aly, H. N. (2023). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN 12 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 254–260. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17455




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.2.16-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License