Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Bimbingan Konseling untuk Siswa yang Bermasalah Akademik

Regina Wahyu Lintang Kusuma, Muhamad Rifa'i Subhi

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menganalisis program bimbingan konseling yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) bagi siswa yang menangani permasalahan akademik, dengan penekanan pada penerapan nilai-nilai Islam. Permasalahan akademik yang dihadapi siswa sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi belajar, lingkungan yang tidak kondusif, serta minimnya pemahaman akan nilai-nilai spiritual dalam proses pendidikan. Analisis ini menggunakan pendekatan studi literatur yang dikonsentrasikan pada penelitian sebelumnya terkait bimbingan konseling berbasis nilai-nilai Islam. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen yang relevan, serta observasi terhadap praktik bimbingan konseling yang diterapkan di beberapa sekolah Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa program bimbingan konseling yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa dan perubahan perilaku. Nilai-nilai seperti kesabaran, kejujuran, keikhlasan, dan tanggung jawab menjadi pilar penting yang membantu siswa dalam menghadapi kesulitan akademik. Pendekatan ini juga melibatkan metode mentoring dan motivasi spiritual, serta penggunaan referensi dari Al-Qur'an dan Hadis sebagai dasar dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi siswa. Dari kajian literatur ini, disimpulkan bahwa program bimbingan konseling yang berbasis pada nilai-nilai Islam dapat menjadi solusi yang efektif untuk membantu siswa mengatasi masalah akademik. Rekomendasi bagi sekolah adalah untuk lebih mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam layanan bimbingan konseling, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter siswa secara menyeluruh.


Keywords


Bimbingan Konseling Islami, Nilai-Nilai Islam, Masalah Akademik, Pendidikan Karakter

References


Asror, M. (2021). Studi Analisis Program Bimbingan Konseling Komprehensif Berbasis Islam untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Pamomong: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i1.1-13orcid.org+2Uniska BJM+2E-Journal IAIN Salatiga+2

Azkia, R., Viska, A., & Rahmah, N. (2024). Analisis Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Kesadaran terhadap Pergaulan Bebas dan Seks Bebas: Studi Kasus di Kelurahan Watulea Kecamatan Gu. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 54–64.

Bastomi, H. (2020). Pemetaan masalah belajar siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta dan penyelesaiannya (Tinjauan strata kelas). Jurnal Konseling Edukasi, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7564

Fitriani, E., et al. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(1), 33–47. https://jurnal.naradidik.or.id/index.php/naradidik/article/view/9

Harahap, E. S., Azrina, N., & Hasanah, N. A. (2023). Integrasi Nilai-nilai Islami dalam Layanan Bimbingan Karir: Tantangan dan Peluang bagi Konselor Profesional. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 961–975. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2313

Hariberthus, W. (2019). Penerapan Bimbingan dan Konseling Berbasis Islami sebagai Peran Progresif pada Kesehatan Mental. Hawa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 45–56. https://doi.org/10.24260/hawa.v1i2.4085eJournal UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Hayu, S., Andriani, R., & Fjriani, F. (2019). Masalah psikologis siswa dan implikasinya pada bimbingan dan konseling. Enlighten: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 154–172. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/enlighten/article/view/168

Liyana, R., & Purwasih, G. D. (2018). Peranan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi berfungsinya belajar siswa. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 1–10. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/modeling/article/view/123

Laeli, N., & Subhi, M. R. I. (2024). Peran Guru BK Dalam Membantu Menyelesaikan Masalah Prestasi Belajar Siswa di SMP 1 Ulujami Kabupaten Pemalang. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 63-71.

Naimah. (2023). Peran guru sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa di MAN 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 12–27.

Suminingsih. (2019). Manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Pundong. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 55–66.

Suteja, J. (2016). Pengelolaan masalah siswa melalui pendekatan bimbingan dan konseling di sekolah. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 2(1), 33–42.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 45–56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.