Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Pendidikan agama Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik peserta didik adalah metode Tahfidzul Qur'an One Day One Colour. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Tahfidz ul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik dengan metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode One Day One Colour dalam menyusun rencana pembelajaran sudah baik karena sudah mencerminkan pembelajaran tahfidzul Qur’an yang terprogram secara utuh. Kemudian dalam melaksankan pembelajaran sudah efektif karena menunjukkan hasil atau pengaruh sesuai dengan target yang sudah disusun. Kemudian evaluasi memiliki keunggulan lebih menyenangkan, cepat, terstruktur, dan mudah. Namun, terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti perbedaan kemampuan menghafal peserta didik dan keterbatasan penerapan. Sekolah telah berupaya mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut . Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode One Day One Colour berkontribusi signifikan meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik Peningkatan ini terlihat dari peningkatan hafalan secara umum, serta peningkatan pada tiga aspek hafalan, yaitu kelancaran, ketepatan, dan kemampuan muraja'ah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, K. K. (2023). Proses Pembelajaran dan Perkembangan Kognisi Menurut Perspektif Jean Piaget. Journal of Life Span Development, 1(1), 50–65. https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jlsd/article/view/1026%0Ahttps://journal.ukmc.ac.id/index.php/jlsd/article/download/1026/1032
David.J.flinders, stephen. J. thornto. (2004). THE CURRICULUM STUDIES READER (Routledgefalmer (ed.); Second Edi).
Kutsiyyah, H. K. E. F. (2024). Pengggunaan Murattal Mahmud Khalil Al-Hussary terhadap Kemampuan Baca Al Qur’an pada Anak di Musholla Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1895–1902.
Muntaz, A., Hariansyah, Y., & Aryanto, A. (2016). Perancangan Buku Doa Untuk Anak-Anak. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.36982/jsdb.v1i1.41
NATSA SHIFAUL HAZUMI. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK USIA DINI MELALUI MUROJAAH CLASSICAL DI KELAS 1 SD AL-AZHAR 17 BINTARO TANGERANG SELATAN. Journal GEEJ, 7(2).
Nazarudin Rahman. (2009). Manajemen Pembelajaran; Implementasi Konsep, Karakteristik, Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Pustaka Felicha.
Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Hasanah, U., & Nurmalasari, N. (2024). Evaluasi Mutu Pendidikan Menggunakan Pendekatan Teori Stufflebeam. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.352
Syagif, A. (n.d.). DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. 93–105.
Vita Fitriatul Ulya. (2018). PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: PROBLEM MASA KINI DAN PERSPEKTIF MASA DEPAN Vita Fitriatul Ulya 1. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 8(September), 1–18.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.111-118
Refbacks
- There are currently no refbacks.