Penerapan Metode “Qur’an Follow The Line” pada Siswa Kelas VII

Mahartika Syadza Aushaf, Sugeng Hariyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode “Qur’an Follow The Line” (QFTL) pada siswa kelas VII-A untuk meningkatkan kemampuan menulis di MTsN 8 Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan melibatkan praktik metode QFTL. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan triangulasi waktu, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Gambaran penerapan metode QFTL pada siswa kelas VII-A di MTsN 8 Sleman. 2) Hasil diterapkannya metode QFTL pada siswa yaitu didapati kemampuan menulis huruf Arab siswa meningkat.3) Adanya faktor pendukung yaitu pendidik yang kompeten, fasilitas sekolah yang memadai,dan motivasi peserta didik yang tinggi. 4) Faktor penghambat dalam penerapan metode QFTL yaitu kurangnya dukungan dari lembaga pendidikan dan kurangnya dana dalam menyelenggarakan metode QFTL.

Keywords


Kemampuan Menulis, Penerapan, Qur’an Follow the Line.

Full Text:

PDF

References


Azzahra, L., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia(PJPI), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.00000/pjpi.xxxxxxxx

Dewi, N. F. R., & Putra, H. R. (2024). Implementasi Literasi Al-Qur’an Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Religius Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 662–681. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2313

DIY, K. (2019). Permudah Pembelajaran Alquran, MTsN 8 Sleman Luncurkan Program Quran Follow The Line. https://diy.kemenag.go.id/news/2806-permudah-pembelajaran-alquran-mtsn-8-sleman-luncurkan-program-quran-follow-the-line.html

Fadhilah, A. N. (2020). Penarapan Metode Imla’ Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas V Mi Muhammadiyah Lumajang. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Skripsi UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/16548/1/15140124.pdf

Faradilla, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tulis Al-Qur’an Follow the Line Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun dalam Menulis Huruf Hijaiyah Sambung di RA Azalia Pekanbaru. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU (Vol. 4, Issue 1).

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1294

Melinda, D., Djuanda, D., & Gusrayani, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Writing Process terhadap Keterampilan Menulis Opini Siswa Sekolah Dasar. 5(20). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/downloadSuppFile/48590/9822

MTsN 8 Sleman. (2020). MTsN 8 Sleman Terima Apresiasi QFL dari Kankemenag dan Baznas Kabupaten Sleman. https://mtsn8sleman.sch.id/mtsn-8-sleman-terima-apresiasi-qfl-dari-kankemenag-dan-baznas-kabupaten-sleman/

Ningrum, A. P., Dew, N., Apriyanti, I., & Tambunan, R. R. (2020). Mengenal Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Mengenal, 6(1), 51–56. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/download/7727/3528

Nisak, N. M. (2018). Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 150–164. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1780

Pendis Kemenag RI. (2024). Kemenag Luncurkan Pedoman Implementasi Kurikulum Bagi Madrasah. https://pendis.kemenag.go.id/madrasah/kemenag-luncurkan-pedoman-implementasi-kurikulum-bagi-madrasah

Rahmat, A., Mannahali, M., & Latuconsina, S. N. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Imla’) Siswa Sekolah Menengah Pertama Pondok Modern Mahyajatul Qurra’Di Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 1(2), 286–292. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26052

Risdamuddin, M. (2023). Model Gerakan Literasi pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Keterampilan Baca-Tulis Al-Qur’an di MI Al-Madaniyah Mataram. VIII(I), 1–19.

Sarjuni, Tjahjono, A. B., Sholeh, M. A., Muflihin, A., Anwar, K., Choeroni, Sholihah, H., Samsudin, Makhshun, T., Hariyadi, S., & Athoillah, S. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI). https://books.google.co.id/books?id=MN_rEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Soraya, S., & Alizza, N. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.61220/ri.vol1iss1.0232

Yanto, M., Fauziah, A. H., & Sa’diyah, I. (2024). Urgensi Al Qur’an sebagai Media Pembelajaran dalam Mencetak Anak Didik yang Islami. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2, 364–368.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.37-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.