Implementasi Kegiatan Jumat Amal dalam Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Bagi Peserta Didik di SDN Muktiharjo Kidul 04 Kota Semarang

Hartono Hartono

Abstract


Siswa dari sejak kecil harus sudah ditanamkan sikap karakter salah satunya adalah sikap kepedulian sosial. hal ini karena kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk sehingga kepedulian sosial sangat penting bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implikasi kegiatan jumat amal dalam pembentukan karakter sikap kepedulian sosial bagi siswa. lokasi penelitian dilakukan di SDN Muktiharjo Kidul 04 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk sikap kepedulian sosial yang ada pada diri siswa yaitu bentuk kasih saying, tanggung jawab, dan keharmonisan hidup. bentuk- bentuk sikap kepedulian sosial tersebut muncul dengan adanya perilaku toleransi, saling tolong menolong, empati sama teman, disiplin di sekolah. implementasi penanaman karakter sikap kepedulian sosial dilakukan dengan pembiasaan yaitu dilakukan setiap jumat. selain itu, guru juga memberikan contohe sebagai teladan sehingga siswa mengikuti apa yang dilakukan guru. implikasi dengan adanya kegiatan jumat amal menjadikan siswa lebih tertanam sikap kepedulian sosial yang dilakukan dalam kehidupan keseharian.

Keywords


implikasi, jumat amal, karakter siswa, kepedulian sosial

References


A M Wibowo, Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran PAI Pada SMA Eks RSBI. Di Pekalongan, Analisa: Journal of Social Science and Religion 21, no. 2 (2014): 291

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (Yogyakarya:Pustaka Belajar, 2012)

Agus Zaenul Fitri, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah, (Jogjakarta: ar- ruzz media,2012)

Ainiyah, N.. Character Education Values in the Perspective of Islam and its Relevance to the Curriculum of 2013. (International Journal of Islamic Education, 2020).

Akhmad Muhaimin Azzet, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, (Jakarta: Arruz Media 2011)

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012)

Asmaun sahlan, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah, (Malang: Uin Maliki-press 2010)

Asri Budininsih, Pemebelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Benny Prasetiya, “The Critical Analysis of Media Education in The Perspective of Al- Ghazali, Kohlberg And Thomas Lickona, “Zawiyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 1 (July 2020).

Dharma Kusuma, dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Dzakiyah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 2003), hal. 125

Endah Sulistyowati, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Citra Aji Parama, 2012)

Fatchul Mu’in, Pendidikan karakter konstruksi teoritik dan praktik, (Yogyakarta; Ar-ruzz media, 2011)

Haidar Bagir, “Belajar dari Pengalaman Finlandia” Sebuah Pengantar Dalam Pasi Sahlberg, Finnish Lessons : Mengajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak Ala Finlandia, Terj. Ahmad Mukhlis, (Jakarta: Kaifa Learning, 2014)

Hasanah, U. Peran Shodaqoh dalam Pembentukan Akhlak Sosial Siswa. (Jurnal Pendidikan Islam, 2021)

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi, (Bandung: Alfabeta, 2012)

Kamaruddin, K.. Akhlak Tasawuf. (Makassar: Alauddin University Press, 2019)

Koentjaningrat, Rintangan-rintangan Mental Dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia, (Jakarta: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seni, 2001)

Lexy. J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung; PT. Remaja Rosda Karya, 2014)

M. Iqbal Hasan, Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002)

M. Zainuddin, “Pendidikan Karakter dan Multikultural” Makalah, disajikan pada Talk Show Pendidikan Karakter dalam Pluralitas Bangsa, tanggal 17 November (Malang: Uin Maulana Malik Ibrahim, 2011)

Madyo Ekosusilo, Hasil Penelitian Kualitatif Madrasah Unggul Berbasis Nilai: StudiMulti Kasus di SMAN 1, SMA Regina Pacis dan SMA Al Islam 1 Surakarta, (Sukoharjo: Universitas Bantara Press, 2003)

Miles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Penerjemah: Tjetiep Rohendi Rohidi, (Jakarta: UI Press, 1992)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, 305-307

Muhaimin, Sutiah, Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen pendidikan, Aplikasinya dalam Menyususn Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Kencana, 2010)

Muhammad Fathurrohman, Budaya Religius Dalam Menguatkan Mutu Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012)

Muslimin, Pengembangan Nilai-nilai Islam dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, www.sutris02wordpress.com, (diakses pada tanggal 20 Oktober 2021)

Nahdiyatul Husna and Herwati, “Internalisasi Kegiatan „Jum‟at Shodaqoh‟ Dalam Membentuk Sikap Kepedulian Sosial Siswa MA Nahdlatul Ulama‟ Kraksaan Probolinggo,” Jurnal Mu‟allim 4, no. 2 (2022): 187, https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3077.

Nurcholis Majid, Masyarakat religius: Membumikan Nilai-nilai Islam Dalam Kehidupan, (Jakarta: Dian Rakyat, 2010)

Nuruddin, dkk, Agama Tradisional: Potret Kearifan Hidup Masyarakat Samin dan Tengger, (Yogyakarta: LKIS, 2003)

Nurul Zuhriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspeltif Perubahan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007)

P. kotter & J. L. Hesket, Dampak Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja, Terj Benyamin Molan, (Jakarta: Prehalindo, 1992)

Pupuh Fathurrahman dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter (Bandung: Refika Aditama, 2013)

Sahlan, Asmaun, Mewujudkan budaya religius di sekolah: Upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi. (Malang: UIN-Maliki Press, 2010)

Shihab, M. Q. Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. (Bandung: Mizan 2019).

Soekarno Indrachfudi, Bagaimana Mengarahkan Madrasah dengan Orang Tua dan Masyarakat, (Malang: IKIP Malang, 1994)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003)

Sutarjo adisusilo, pembelajaran nilai karakter, (Jakarta, rajawali pers, 2013)

Syafaruddin, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, (Medan: Perdana Publishing, 2012)

Zaim El Mubarok, Membumikan Pendidikan Nilai, Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, Menyatukan yang Tercerai, (Bandung: alfabeta, 2008)

Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter (Jakarta: Prenada, 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.