PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MAHASISWA PAI MELALUI PROGRAM MATRIKULASI BTQ

Listi Baihati, Santika Lya Diah Pramesti

Abstract


In this study, the author describes the problem of how to implement the BTQ matriculation program at IAIN Pekalongan. Is there an increase in Al-Qur'an literacy skills of PAI students through the BTQ matriculation program at IAIN Pekalongan. The purpose of this study was to determine the implementation of the BTQ matriculation program at IAIN Pekalongan and to find out whether there was an improvement in the Al-Qur'an literacy skills of PAI students through the BTQ matriculation program at IAIN Pekalongan. The approach used in this study is a quantitative approach using experimental methods. The results of the study can be concluded that the implementation of the BTQ matriculation program at Pekalongan IAIN is conducted once a week on Saturdays. To find out the ability of students to read and write the Qur'an, an examination or test is carried out both written tests and oral tests. The results of calculations through prerequisite tests and comparative tests show that the BTQ matriculation program can improve the Al-Qur'an literacy skills of PAI students. From the results of these calculations, it can be concluded that there is a significant increase in the results of student test scores before participating in the BTQ matriculation program and after participating in the BTQ matriculation program.

Keywords: Improvement, Read Write Al-Qur'an, BTQ Matriculation Program

 


Full Text:

PDF

References


AF, Hasanuddin. 1995. Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya Terhadap Istinbath Hukum Dalam Al-Qur’an. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Ali, M. 2014. Strategi Manajemen Mutu Pelajaran Bahasa Arab Melalui Program Matrikulasi Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonagung Pasuruan. Pasuruan: Jurnal Review Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 1.

Al-Munawar, Said Agil Husin. 2005. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Ciputat: PT Ciputat Press.

Aminuddin. 2012. Implementasi Metode Tutorial Sebaya Dalam Meningkatkan Prestasi Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VIII Di SMP 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Pekalongan: Jurnal Pendidikan al-Qalam. Vol. VI.

Arikunto, Suharismi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.

Astuti, Rini. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jakarta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 7.

Danim, Sudarwan Danim. 1994. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisol. 2010. Cara Mudah Belajar Ilmu Tajwid. Malang: UIN Maliki Press.

Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. 2015. Metode Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, Abdul. 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Hidayat, Komaruddin. 1996. Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeutik. Jakarta: Paramadina.

Khon, Abdul Majid. 2011. Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at ‘Ashim Dari Hafish. Jakarta: AMZAH.

Maqbulah, Umu Aisyiatul. 2015. Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan.

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali.

Mudhofir, Ali. 2013. Pendidik Profesional, Konsep, Strategi, Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidik Di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhadjir, Noeng. 1998. Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Rike Sarasin.

Muhaimin.2004. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Rohmat. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyono, Abdurahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mustaqim & Abdul Wakhid. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muzani, Moh. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tartil Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Bugangan Kedungwuni Pekalongan. Pekalongan: Perpustakaan IAIN Pekalongan, 2015).

Purwanto, Erwan Agus & Dyah Ratih Sulistyastuti. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media.

Purwanto. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Salafudin &Nalim. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Shalihah, Khadijatus. 1983. Perkembangan Seni Baca al-Qur’an dan Qiraat Tujuh di Indonesia. Jakarta: Pustaka Alhusna.

Siregar, Syofiyan. 2014. Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Subagyo, Joko. 1998. Metode Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surasman, Otong. 2002. Metode Insani: Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. Jakarta: Gema Insani Press.

Susiyanty, Utin Desy. 2016. Eksperimentasi Matrikulasi Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa Semester Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Pontianak: Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 5. N0. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.3.1.29-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id. 

Â