IMPLEMENTASI PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Siwi Utaminingtyas .

Abstract


Seiring dengan adanya implementasi kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, diharapkan adanya perubahan paradigma seorang guru dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran IPS, seorang guru perlu merancang dan melaksanakan suatu kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat mengkontruksi pemikirannya sendiri untuk menemukan cara penyelesaian masalah atau mencari solusi apa yang sedang dipelajari dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skill). Oleh karena itu diperlukan suatu cara sebagai sarana agar tujuan tersebut tercapai, yaitu dengan melibatkan sebuah model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Seorang guru atau pendidik harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya. Model pembelajaran yang tepat untuk melatih peserta didik dalam memecahkan permasalahan adalah model pembelajaran Problem Solving. Problem solving (pemecahan masalah) merupakan suatu model pembelajaran yang secara khusus memfokuskan pada pelatihan kemampuan dalam memecahkan masalah. Penerapan model Problem Solving yang diterapkan dalam proses pembelajaran berarti memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerjasama memecahkan suatu permasalahan, tidak sekedar mempelajari, menghafal dan mendengarkan sebuah materi di kelas. Problem Solving sebagai model pembelajaran yang tepat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skill).

Kata kunci:  Problem Solving, Higher Order Thingking Skill, Pembelajaran IPS SD


References


Djamarah, S.B. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Dini, H. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika: 170-176.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhar, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD

Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.

Puspitasari, S.D. (2016). Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Berpikir Tingkat Tinggi Mapel IPS Kelas IV SD Karanggondang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi ke-7 Tahun ke 5 2016 : 556-564. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/30294/

Retnawati, H. (2018). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatih Higher Order Thinking Skill. Yogyakarta : UNY Press.

Rusman. (2011). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sanusi, A. (2013). Kepemimpinan Pendidikan: Strategi Pembaruan, Semangat Pengabdian, Manajemen Modern. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sinabariba, R.B. (2017). Peranan Guru Memilih Model Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pebelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Surur, A. M. (2017). Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017). Prosiding Seminar Nasional PPKn III.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id