PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR SUPLEMEN DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR

Agus Supardi

Abstract


Pendidikan merupakan usaha pengembangan diri yang berkaitan dengan keterampilan, kecerdasan, dan kepribadian. Kebiasaan membaca merupakan ketrampilan yang diperoleh setelah seseorang dilahirkan, bukan ketrampilan bawaan. Indeks baca di Indonesia hanya 0,001 dengan artian bahwa dari 1000 warga hanya satu yang berminat untuk membaca.  Tingkat ketersediaan buku yang minim sebagai bahan ajar utama menjadi alasan utama indeks baca Indonesia menjadi sangat rendah. Penggunaan buku sebagai bahan ajar utama dalam pembelajaran dengan tanpa adanya bahan ajar suplemen menjadikan proses pembelajaran di Indonesia terasa hambar dan kurang menarik alias garing. Inovasi dalam pemenuhan kebutuhan bahan ajar suplemen diharapkan mampu mengurangi rendahnya minat baca masyarakat pendidik. Multimedia interaktif salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam pemenuhan kebutuhan bahan ajar suplemen. Penggunaan bahan ajar multimedia interaktif dapat meningkatkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh – pengaruh psikologis terhadap siswa.

Keywords


multimedia interaktif; bahan ajar; minat belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id