MODEL PENANAMAN NILAI ANTIKORUPSI DI SEKOLAH DASAR

Ma’as Shobirin

Abstract


Indonesia tengah dihadapkan pada posisi dilematis seputar permasalahan moral yang tidak kunjung sirna, yaitu korupsi. Keberadaan ini perlu diatasi secara tepat sebagai wujud kesadaran kita sebagai masyarakat yang masih rindu akan kemakmuran bangsa. Lembaga pendidikan menjadi salah satu wahana strategis dalam rangka menyuarakan kebaikan serta membekali generasi muda yang bebas korupsi. Ada beberapa model yang dapat diterapkan dalam rangka menanamkan nilai antikorupsi di sekolah Dasar, yaitu Model terintegrasi dalam mata pelajaran, model pembudayaan, pembiasaan nilai dalam seluruh aktifitas serta suasana sekolah, model di Luar pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikulerdan model gabungan.Dengan demikian, generasi muda ke depan diharapkan dapat menguatkan identitas diri sebagai manusia yang bersih, jujur serta bebas dari prilaku korupsi.

Keywords


Nilai; Antikorupsu; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.2.107-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id