GLOKALISASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Heny Kusmawati, Anista Ika Surachman

Abstract


Glokalisasi dimaknai sebagai globalization with local flavor yang mana pada Pendidikan Islam, tidak terlepas dari pengembangan pendidikan lokal melalui pendekatan global value chain dan upgrading produk lulusan pendidikan. Implementasi perubahan yang dilakukan pada globalisasi lebih bertumpu perubahan material yang sebenarnya bertentangan dengan ajaran agama Islam karena masyarakat revolusi 4.0 lebih diwakili oleh kapitalisme dan sosialisme dengan ketergantungan internet. Madrasah Aliyah Keagamaan adalah salah satu lembaga yang mewadahi tentang bagaimana pembentukan siswa dengan kepribadian ISLAMI (Ikhlas-Sabar-Lillah-Amanah-Maunah-Islah) yang memiliki ilmu teknologi dan kualitas yang mampu bersaing dalam globalisasi tanpa meninggalkan budaya daerah. Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan peluang glokalisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Madrasah Aliyah Keagamaan di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian adalah studi literature dengan mengumpulkan data-data tertulis dari sumber referensi yang terkait. Hasil tulisan artikel ini memetakan 1) urgensi dan peluang glokalisasi kurikulum PAI Madrasah Aliyah Keagamaan, dan 2) tahapan penyusunan glokalisasi kurikulum PAI Madrasah Aliyah Keagamaan di era revolusi industri 4.0.

References


Anwar, H. 2018. “Implementation Of Education Management Stan-dard In The Guidance Of Private Islamic High School”. Jurnal Pendidikan Islam. 4 (1): 75 – 86.

http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/search?subject=Islamic%20Education%20Management diakses pada tanggal 25 Mei 2019

Azyumardi, A., Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Cet ke-1. Jakarta: Kencana.

Chaer, M. T. 2016. Peran Madrasah Dalam Menghadapi Era Globalisasi dan Budaya. MUADDIB. 06 (02): 182-201.

http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/viewFile/461/434 diakses pada 25 Mei 2019.

Daulay, H.P. 2012. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Hasanah, N. 2018. Glokalisasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar yang Berbasis Islam. Jakarta. Tesis. (UIN Syarif Hidayatullah: Pascasarjana Pendidikan Islam).

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/44934/1/Nurhasanah_Fix.pdf diakses pada 20 April 2019.

Kusmawati, H. 2016. Implementasi Kurikulum di Penggerak Pembina Generasi Penerus LDII Karanggawang Girikerto Turi Sleman Yogyakarta. Yogyakarta. Tesis. (UII: Magister Studi Islam).

Nata, A. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet ke 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nisa, K. M. 2018. Globalisasi: Membangun Pendidikan Global Berbasis Kearifan Lokal pada Pondok Modern. Jurnal An-Nuha. 5 (1): 101-116. http://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98073593392398433/download diakses pada tanggal 01 Juni 2019.

Priatmoko. 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam. 1 (2): 1-19.

http://ejurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/948 diakses pada 20 April 2019.

Samani, M & Hariyanto. 2017. Konsep & Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sud, M.A. 2005. Latihan Kepempimpinan Islam Tingkat Dasar (LKID). Yogyakarta: UII Press.

Zulfa, N.C., dan Pardjono. (2013). Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan Man 1 Surakarta. Jurnal Akutabilitas Manajemen. 1 (2): 219-234 https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/2396 pada tanggal 01 Juni 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.98-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung. Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id