MODEL COLLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA EKSPRESOMATIKA TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Nuhyal Ulia, Rany Dwi Saputri, Rida Fironika Kusumadewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model collaborative learning berbantuan media ekspresomatika terhadap kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di kelas eksperimen yang menggunakan model collaborative learning dan kelas kontrol dengan model konvensional dengan desain penelitian adalah True Eksperimen Desain, berbentuk Posttest Only Control. Teknik pengambilan data ke dua kelas dilakukan dengan instrumen yang sama. Dari data yang diperoleh akan dilakukan pengujian normalitas, homogenitas, dan uji banding dua rata-rata untuk mengetahui keadaan masing-masing kelas sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Kemudin akan dilakukan pengujian hipotesis dari data akhir untuk mengetahui model mana yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dari hasil perhitungan hipotesis  yang telah dilakukan peneliti terkait kemampuan literasi matematika diperoleh nilai thitung sebesar -0,315 dan ttabel sebesar 1,992 dengan taraf signifikan 0,05. Karena -ttabel (-1,992) ≥ thitung (-0,315) ≤ ttabel (1,992) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model collaborative learning  berbantuan media ekspresomatika lebih baik atau sama terhadap  kemampuan  literasi matematika siswa dengan menggunakan model konvensional.

References


Anwas, M. (2012). “Pengaruh Pendidikan Formal, Pelatihan, dan Intensitas Pertemuanterhadap Kompetensi Penyuluhan Pertanianâ€. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19,(1), 50-62.

Anwariningsi, S.H dan Ernawati, S. (2013). “Development of Interactive Media for ICTLearning at Elementary School Based on Student Self Learningâ€. Jurnal of Education and Learning. 7, (2), 121-128.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: RinekaCipta.

Barkley, E.E., Cross, K.P dan Major, C.H. (2016). Collaborative LearningTechniques.Bandung: Nusa Media.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). TIMSS Infographic. Jakarta:Depdikbud.

Dermawan, A. (2014). “Keefektifan Collaborative Learninfg Berbasis Quiz Edutaiment Terhadap Ketuntasan Hasil Belajarâ€. Journal.Unnes. 3, (2), 57-63.

Dirman dan Jiarisih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yangMendidik. Jakarta: PT. Aneka Cipta.

Djaelani, A.R. (2013). “Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kwalitatifâ€. Majalah Ilmiah. 20, (1), 82-92.

Egiduis, G. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP Pengudi Luhur Mayudan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi pada FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Firdaus, F.M, Wahyudi dan Herman, T. (2017). “Improving Primary Students Matematical Literacy Through problem based Learning and Direct Intructionâ€. Journals Academic. 12, (14), 212-129.

Gurria. A. (2015). PISA 2015 PISA Results in Focus. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result -in-in-focus.pdf[diunduh 22 Februari 2018].

Hanafy, M.S. (2014). “Konsep Belajar dan Pembelajaranâ€. Jurnal Literasi Pendidikan. 17,(1), 66-79. 10, (1), 19-36

Inah, E.N dan Pertiwi, U.A. (2017). “Penerapan Collaborative Learnging Melalui Permainan Mencari Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di SDN Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konoweâ€. Jurnal Al-Ta’dib.

Johar, R. (2012). “Domain Soal PISA untuk Literasi Matematikaâ€. Jurnal Peluang. 1, (1), 30-41.

Lasidos, P, A dan Matondang, Z. (2015). “Peningkatan Model Pembelajaran Kolaboratifuntuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Siswa KelasXII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunam SMK 2 Siatas Barita-TapanuliUtaraâ€. Jurnal Education Building. 1, (1), 13-22.

Mahdiyah. (2014). Statistik Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Margono. (2009). Metodeloogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Maolani, R dan Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Mustika, M.V. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik KWLH (Know-Want-Learned-How) untuk meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar IPA Materi Daur Ulang Air di kelas V SD Negeri 2 Mesri. Skripsi pada FKIP UMP Purwokerto: tidak diterbitkan.

Nofiejanti, L. (2014). “Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal UtamaMembangun Karakter Bangsaâ€. Jurnal At-Tajdid. 3, (1), 45-71.

Nuraini. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs Anshor Al-Sunnah Air Tiris Kabupaten Kampar. Skripsi pada FAI UIN Sultan Syarif Kasim Riau: tidak diterbitkan.

Octaviona, W. (2017). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Medel Discoveri Learning di Kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Artikel Ilmiah pada FKIP Universitas Jambi.

Pluck, Graham dan Jonhson, H. (2011). “Stimulating Curiosity to Enhance Learnigâ€. JurnalEducation Science and Psychology. 2, (19), 24-31.

Priyatni, E.T dan Nurhadi. 2017. Membaca dan Literasi Kritis. Tangrang: Tira Smart.

Purwaaktari, E. (2015). “Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon Bantulâ€. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 8, (1), 95-111.

Puspiasari, M.T, Santoso, S dan Muchsini, B. (2015). “Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstualdengan Motode Snowball Throwing pada Siswa SMK Muhammadyah 3 Gembolongâ€.Jurnal “Tata Arta†UMS, 1, (1), 31-39.

Rocca, C.L., Margittini, M dan Capobianco, R. (2013). Collaborative Learning in HigherEducation: Scientific Research. Dalam Journal of Social Sciences (Online), 2, 61-66.http://dx.doi.org/10.4236/jss.2014.22009.

Rosdiani, Dini. (2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sari, R.H.N. (2015). “Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?â€. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY: Yogyakarta.

Santoso. S. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri, Jawa Tengahâ€. V, (1), 15-19.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sulfasyah dan Arifin, J. (2016). “Implikasi Pendidikan Nonformal pada Remajaâ€. JurnalEquilibrium Pendidikan Sosiologi. IV, (2), 1-8.

Suprihatiningrum, J. 2017. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Ulia, N. (2017). “Efektivitas Collaborative Learning Berbantuan Media Short Card Berbasis ICT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasarâ€. Proposal Penelitian FKIP Unissula Semarang.

Uno, H.B. (2014). Profesi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, B.T. (2011). “Penerapan Pembelajaran Kolaboratif dengan Assesmen Teman Sejawat pada Mata Pelajaran Matematika SMPâ€. JP3, 1, (1), 52-61.

Widjajanti, D.B (2010). “Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah untuk Mahasiswa CalonGuru Matematika: Sebuah Ilustrasiâ€. Makalah pada Seminar Nasional MatematikaUNY: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.1.45-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id