KOMIK STRIP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan peserta didik pada pembelajaran matematika karena peserta didik menganggap pembelajaran matematika sulit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran komik stripuntuk memberikan inovasi terbaru untuk pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Media pembelajaran ini dikembangkan dari komik yang mempunyai alur disesuaikan dengan materi agar bisa menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan tentunya melalui tahap pengujian terlebih dahulu.. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi dan data hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif.Hasil validasi dari ahli media 1 tahap 1 sebesar 83,33%, validasi ahli media 1 tahap 2 sebesar 93,33%, Selanjutnya hasil analisis data dari validasi ahli materi 1 tahap 1 sebesar 53,84%, validasi ahli materi 1 tahap 2 sebesar 96,15% , validasi ahli materi 2 tahap 1 sebesar 92,30%, validasi ahli materi 2 tahap 2 sebesar 98,07%. Hasil tanggapan peserta didik sebesar 100% dan hasil tanggapan guru sebesar 98,33%. Hal ini dapat menunjukan bahwa komik strip telah berhasil dalam pengembanganya media pembelajaran ini juga sangat layak digunakan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pres
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Gumelar. 2011. Comic Making. Jakarta : Indeks
Prahmana. R.C.I. 2017. Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok : PT. Raja Gravindo Persada
Sugiyono. 2015. Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
Suyono, 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Novitasari, Diana Lela. (2016). Pengembangan Media Komik Cerita Anak Untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Ngawen Kabupaten Blora [ skripsi ]. Semarang : Universitas Negeri Semarang
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.58-67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id