KOMIK STRIP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Khafidzoh Asfihani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan peserta didik pada pembelajaran matematika karena peserta didik menganggap pembelajaran matematika sulit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  mengembangkan media pembelajaran komik stripuntuk memberikan inovasi terbaru untuk pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Media pembelajaran ini dikembangkan dari komik yang mempunyai alur disesuaikan dengan materi agar bisa menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan tentunya melalui tahap pengujian terlebih dahulu..  Data yang  dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi dan data hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif.Hasil validasi dari ahli media 1 tahap 1 sebesar 83,33%, validasi ahli media 1 tahap 2 sebesar 93,33%, Selanjutnya hasil analisis data dari validasi ahli materi 1 tahap 1 sebesar 53,84%, validasi ahli materi 1 tahap 2 sebesar 96,15% , validasi ahli materi 2 tahap 1 sebesar 92,30%, validasi ahli materi 2 tahap 2 sebesar 98,07%.  Hasil tanggapan peserta didik sebesar 100% dan hasil tanggapan guru sebesar  98,33%. Hal ini dapat menunjukan bahwa komik strip telah berhasil dalam pengembanganya media pembelajaran ini juga sangat layak digunakan.


References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pres

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Gumelar. 2011. Comic Making. Jakarta : Indeks

Prahmana. R.C.I. 2017. Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok : PT. Raja Gravindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group

Suyono, 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Novitasari, Diana Lela. (2016). Pengembangan Media Komik Cerita Anak Untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Ngawen Kabupaten Blora [ skripsi ]. Semarang : Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.58-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id