Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia, serta mengetahui kondisi lapangan terkait implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan yakni deskriptif-kualitatif dengan menganalisis, menggambarkan dan meringkas kejadian atau fenomena dari data yang diperoleh melalui proses observasi maupun wawancara. Selain itu juga dengan membaca berbagai sumber referensi kemudian dihubungkan dengan topik yang dibahas sampai kemudian dapat disampaikan kembali dalam bentuk deskripsi. Pendidikan merupakan kunci utama dari sebuah perubahan. Sebagai bentuk salah satu upaya dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia 2045, dengan penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan mampu menjadi salah satu garda utama dalam pembentukan karakter calon generasi emas Indonesia. profil pelajar Pancasila merupakan suatu karakter serta kemampuan yang dibentuk dalam kegiatan sehari-hari dan dihidupkan dalam diri setiap pribadi peserta didik secara individu melalui budaya suatu satuan Pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila dan esktrakurikuler. Penguatan karakter ini diharapkan dapat diimplementasikan sedini mungkin untuk para peserta didik sehingga tercipta generasi emas yang memiliki kualitas terbaik dan berkarakter, akan tetapi pada pelaksanaan di lapangan khususnya di sekolah dasar masih banyak yang belum optimal dan perlu membutuhkan pelatihan serta pendampingan secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Leni, N. (2017). Kenakalan Remaja dalam Perspektif Antropologi. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 4(1), 23–34. https://doi.org/10.24042/kons.v4i1.1392
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 4, pp. 6313–6319). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187
Achmad Nur Sutikno. (2020). Bonus Demografi Di Indonesia. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(2), 421–439. https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.285
Ismiyanti, Y., & Handoyo, E. (2021). Analisis Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Penerapan Model Kewirausahaan Berbasis Karakter. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 79–86.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Rofi, R., & Ambiro, P. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ddalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 5(2), 145–154.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3). https://doi.org/10.29210/30032075000
Surahman, S., & Utomo, A. A. B. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Dasar Kurikulum Prototipe Berdasar Keputusan Mendikbudristek Nomor 317/M/2021 Pada Jenjang Sekolah Dasar. In Jurnal Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 1). Universitas Buana Perjuangan Karawang. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2097
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Asosiasi Doktor Pendidikan Dasar Indonesia.
Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id