PERANAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN MAMPANG PRAPATAN 02 PAGI

Ika Yatri, Lanjar Pratiwi

Abstract


Mata pelajaran IPS bertujuan untuk membina siswa menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui peranan media video dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN Mampang Parpatan 02 Jakarta Selatan tahun Pelajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang anak terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Fokus penelitian adalah aktivitas siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan media video dapat meningkatkan aktivitas siswa pembelajaran IPS. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I yaitu 27,75 dengan kategori cukup, siklus II yaitu 32,25 dengan kategori baik, dan siklus III yaitu 33,625 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari pra siklus dengan rata-rata kelas 55,83, ketuntasan klasikal 16,66% siklus I dengan rata-rata kelas 58,33, ketuntasan klasikal 29,10%, siklus II dengan rata-rata 68,75, ketuntasan klasikal 66,60%, dan siklus III dengan rata-rata kelas 80,83 dengan ketuntasan klasikal 91,42%. Berdasarkan analisis hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran IPS melalui peranan media video dapat meningkatkan aktivitas siswa dan berbanding lurus dengan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah guru dapat menerapkan media video untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran.

Keywords


Pembelajaran IPS, Aktivitas Siswa, Peranan Media Video

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id