Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V

Rahma Rizky Sukma, Yulina Ismiyanti, Nuhyal Ulia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh blended learning dengan model flipped classroom berbantu media video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V, serta untuk melihat perbedaan hasil belajar kognitif kompetensi IPA antara pembelajaran konvensional dengan blended learning model flipped classroom berbantu media video di kelas V. Riset ini memakai metode kuantitatif Quasi Eksperimental. Sampel penelitian sebanyak 49 siswa dari 55 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes. Data yang diperoleh di analisis menggunakan SPSS 25 dengan uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis (paired sampel t-test dan independent samplet t-test). Hasil penelitian menunjukkan blended learning dengan model flipped classroom berbantuan video dapat menstimulasi pembelajaran bermakna yang berpusat pada siswa melalui kegiatan diskusi kelas. Selain itu, terdapat pengaruh blended learning model flipped classroom berbantu video terhadap hasil belajar kognitif yang signifikan pada kompetensi IPA. Hal tersebut ditengok berdasarkan Sig. t-hitung 0,000 < 0,05 serta lower -27,312 dan upper -18,270 yang negatif. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar di mana Sig. t-hitung 0,002 < 0,05 serta lower -13,651 dan upper -3,109 bernilai negatif. Persentase pencapaian aspek kognitif siswa berbantuan blended learning mampu menumbuhkan semangat siswa sehingga kemampuan kognitif siswa meningkat dari level mengingat (C1) hingga mencipta (C6).


Keywords


blended learning model flipped classroom, media video, hasil belajar kognitif

References


Ambari, A. N. (2021). Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung [IAIN Tulungagung]. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/21005

Andini, A. (2021). Pengaruh Blended Learning Model Flipped Classroom dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. Institutt Agama Islam Negeri Ponorogo.

Çakır, R., Sayın, V., & Bektaş, S. (2021). Bibliometric Analysis of Studies Conducted between 2015-2019 on the Flipped Classroom Model. International Journal of Research in Education and Science, 7(1), 166–167. https://doi.org/10.46328/ijres.1126

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2016). Peran Teknologi dalam Flipped Classroom. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 8(1), 19.

Eriyaningsih, F., Hariyadi, & Nuryatin, A. (2022). Penggunaan Model Blended Learning dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Normal Baru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.315

Gustiana, D., & Hariman, I. (2019). Aplikasi Sistem Percetakan Rapor Berdasarkan K-13 dengan Menggunakan Pendekatan Metode 360 Derajat di SMK Handayani Banjaran. Jurnal LPKIA, 12(1), 1. http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/229

Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2018). Flipped Classroom Using Screencast-O-Matic Apps in Teaching Reading Skill in Indonesian Language. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(July), 152. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.25356

Ismawati, R. (2017). Strategi REACT dalam Pembelajaran Kimia SMA. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijose.v1i1.413

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1). https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/6462

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) (p. 1).

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Malahayati, Mursyidin, Handayani, U., & Radhiah. (2022). Model Blended learning Berbasis Google Classroom Pada Kompetensi Dasar Listrik dan Elektronika ( DLE ) Terhadap Hasil Belajar. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 6(1), 9–18. https://doi.org/10.22373/crc.v6i1.11120

Matukhin, D., & Zhitkova, E. (2015). Implementing Blended Learning Technology in Higher Professional Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206(November), 184. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.051

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2081

Mokambu, F. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.” http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1051/758

Nasution, N. B., ’Adna, S. F., & Aulia, H. R. (2022). Pelatihan Metode Flipped Classroom Pada Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia di SMP Al Bayan Wiradesa. Jurnal Budaya Mandiri, 4(1), 787–797.

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Rahmayani, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Konsep Gerak Parabola [Universitas ISlam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51240

Ramadhan, G., Sari, D. Y., Erizon, N., & Rahim, B. (2022). The Effect of Blended Learning on Student Learning Outcomes in Class XI High School Welding Subjects at State High School 1 Bukittinggi. Journal Homepage, 4(2), 113–117.

Sari, D. W., & Sagala, R. (2022). Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Model Konvensional. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 196–204. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/788

Simbolon, N., Simanjuntak, E., & Perangin-angin, L. M. (2019). Blended Learning Oriented KKNI Towards Students Critical Thinking. Elementary School Journal, 9(3), 212. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i3.16356

Sinta, D. R. D., Irawan, B., & Putri, A. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI Di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Student Online Journal, 3(1), 465–471.

Sudarti, N., & Herawati, T. (2021). Meningkatkan Kreativitas Minat Baca Pada Anak Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Rambate: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 86. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/rambate/article/view/2101

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Suhartono, Suherman, Lumamuly, P. C., Sahertian, N. L., Joseph, L. S., Aralaha, R., Tarumasely, Y., & Suheri. (2021). A Theoretical Study: The Flipped Classroom Model As An Effective And Meaningful Learning Model In Multiple Era. Psychology and Education Journal, 58(1), 4811–4820. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1642

Sulthoniyah, I., Afianah, V. N., Afifah, K. R., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Hybrid Learning dan Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2466–2476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2379

Sumiyarti, L., Setiadi, D., & Jamaluddin, J. (2019). The Development of Learning Devices Based on Guided Inquiry and Affectivities for Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 194. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.275

Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242

Sutanti, Y. A., Suryanti, S., & Supardi, Z. A. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 594–606. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1461

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10546




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.142-156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id