HUBUNGAN SINTAKS BELAJAR POLYA DENGAN HIGH ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Farah Farri Santhi, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan antara lain untuk (1) mendeskripsikan bagaimana hubungan sintaks belajar Polya dengan aspek HOTS, (2) mendeskripsikan bagaimana hubungan sintaks belajar Polya dengan domain HOTS, serta (3) mendeskripsikan bagaimana karakteristik pembelajaran matematika di jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi literatur dengan memperhatikan makna. Hasil kajian menunjukkan indikator sintaks belajar Polya melahirkan tujuan dari pembelajaran problem solving. Temuan lain menunjukan bahwa indikator sintaks belajar Polya melahirkan setiap domain kognitif pada HOTS. Pencapaian HOTS di jenjang Sekolah Dasar khususnya pada proses pembelajaran matematika dilakukan dengan susunan perencanaan ide, susunan perencanaan yang dimaksud adalah sintaks belajar Polya. Salah satu aspek dari HOTS adalah problem solving. Mata pelajaran matematika di sekolah dasar menuntut peserta didik guna memiliki keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil kajian, Polya dapat mempermudah pendidik untuk mengetahui tingkatan level ranah kognitif peserta didik, khususnya pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar.


Keywords


Polya, HOTS, matematika

References


Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya dalam peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran soal cerita volume di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25-36.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170-176.

Ernawati, & Sutiarso, S. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal Matematika kategori Higher Order Thinking Skills menurut tahapan Polya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 178-195.

Juniari, L. S., et al. (2016). Pengaruh model pembelajaran Polya berbantuan media By Design terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Mustika, I. K. A., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 31-38.

Noviantari, P. S. (2018). Penerapan model Polya berorientasi masalah soal cerita kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 7 Bugbug. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(1), 19-27.

Puspa, R. D., et al. (2019). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari tahapan pemecahan masalah Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 86-94.

Rochmah, N. W. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam pemecahan masalah berpikir tingkat tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) bedasarkan langkah Polya (Disertasi, Pendidikan Matematika-FKIP).

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan model pembelajaran Matematika SD berbasis permainan tradisional Indonesia dan pendekatan Mmatematika realistik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 12-21.

Suryapuspitarini, B.K., et al. (2018). Analisis soal-soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.63-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is published by Elementary School Teacher Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung, in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Seluruh Indonesia (HDPGSDI).

Contact us: FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: jurnalpendas@unissula.ac.id