Pengaruh Math-Tainment Berbasis Multimedia Terhadap Pemahaman Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek

Moch Fachrish Rizha Zhamzhamy, Dian Septi Nur Afifah

Abstract


Ilmu pengetahun dan teknologi terutama pada jaman modern ini mengalami banyak perubahan yang sangat cepat, sedangkan cara mengajar dikelas masih saja sulit untuk mengalami perubahan yang signifikan. Artikel ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia atau disebut math-tainment. Dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Melalui penelitian ini diharapkan dapat merubah cara mengajar yang terkesan monoton dari tahun-tahun sebelumnya, dan pemberdayaan media yang tersedia. Penelitian ini pun bersifat longitudinal (bertahap) karna selain untuk menguji media yang digunakan, juga untuk mengukur keefektifan media sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh pengguna. Media yang digunakan juga bersifat multimedia seperti halnya powerpoint, macromedia flash, dan lainnya yang besifat multimedia. Dalam penyusunan medianya juga kita harus mengutamakan kejelasan dalam tampilan, dan kesingkronan dalam materi yang disampaikan. Perubahan dalam cara mengajar ini, sangat dianjurkan selama perubahan ini bisa menarik minat belajar anak dan mempermudah anak memahami sesuatu yang dipelajari.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.1.51-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Moch Fachrish Rizha Zhamzhamy, Dian Septi Nur Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kontinu diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: kontinu.pendmat@unissula.ac.id