Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Program Linear

Umulluha Hikmatut Karomah, Mohamad Aminudin, Imam Kusmaryono

Abstract


Literasi matematika penting untuk siswa dalam meningkatkan cara berpikir logis dan memecahkan masalah dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan menjelaskan kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran berbasis masalah materi program linear. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan yaitu data tes tertulis dan wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan literasi matematika siswa kategori tinggi memenuhi semua indikator, kemampuan literasi matematika siswa pada kategori sedang dalam menarik kesimpulan ada kesalahan karena terdapat kekeliruan pada tahap sebelumnya, kemampuan literasi matematika siswa kategori rendah tidak merencanakan penyelesaian masalah dan menerapkan langkah-langkah penyelesaian yang tepat serta tidak mengambil kesimpulan.
Kata Kunci: literasi matematika, pembelajaran berbasis masalah, program linear

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.3.228-237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id