Low Motivation Pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Menik Tetha Agustina

Abstract


Motivasi merupakan sumber kekuatan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi. Apabila mahasiswa memiliki motivasi yang rendah maka akan terjadi prokrastinasi akademik sehingga proses pembelajaran akan tertunda. Untuk itu penelitian ini membuktikan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memiliki motivasi rendah, fakor tersebut adalah konsep diri, konformitas teman sebaya, minat terhadap tugas, dukungan sosial serta lingkungan


Keywords


Motivasi, Prokrastinasi Akademik, Faktor-Faktor Motivasi

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. T., & Danang, A. K. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19.

Jurnal Psikologi Perseptual. Vol 5,No 2, h 120-128

Ardiyansyah. Y.P. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik

Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Ghufron, M.N.,& Risnawita. S.R. (2011). Teori teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Hanafiah, Nanang, & Cucu, S. (2011). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.

Moslem, M.C.,Komaro,M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi

Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2. H 258-265

Nitami, M., Daharnis.,& Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik

Siswa. Jurnal Konselor. Vol 4. No.1. H. 1-12

Nurlaili. R.R. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Kesejahteraan Keluarga Dalam Mengajukan Proposal PKM. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Ormroad, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga

Putri, D.M.,& Dewi, D.K. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik

Saat Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 8 No. 8. H. 72-82

Rumiani. (2006). “Prokrastinasi Akademik ditinjau Dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswaâ€.

Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3 No. 2.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wlodkowski, J. Raymond & H. Jaynes, Judith. (2004). Motivasi Belajar/ Eager To Learn. Jakarta:

Cerdas Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i3.24256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id