Analisis Pemahaman Relasional Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah FPB Dan KPK

Maylani May Safitri, Mohamad Aminudin, Imam Kusmaryono

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman relasional siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah FPB dan KPK yang di latar belakangi oleh siswa Sekolah Dasar yang belum memiliki pemahaman mendalam ketika menyelesaikan masalah matematis FPB dan KPK. Jumlah responden 18 siswa. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan lembar tes tertulis pemahaman relasional, wawancara subjek terpilih. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes pemahaman relasional dan tes wawancara. Subjek diambil dari hasil tes pemahaman relasional sebanyak 3 responden yang sudah jenuh sebagai subjek kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen pedoman wawancara untuk memperoleh data lebih jelas pada kemampuan pemahaman relasional. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman relasional pada subjek kategori kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Subjek kemampuan tinggi memiliki pemahaman relasional sangat baik dalam menyelesaikan masalah FPB dan cukup baik dalam menyelesaikan KPK. Subjek kemampuan sedang memiliki pemahaman relasional cukup baik dalam menyelesaikan masalah FPB maupun KPK. Subjek kemampuan rendah memiliki pemahaman relasional kurang baik dalam menyelesaikan masalah FPB maupun KPK.


Keywords


Pemahaman Relasional; Menyelesaikan Masalah; Faktor Persekutuan Terbesar; Kelipatan Persekutuan Terkecil.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i3.23563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id