Analisis Tingkat Kesesuaian Konten Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Program Sekolah Penggerak Terbitan Kemdikbudristek Tahun 2021 Berdasarkan Kriteria Bell

Fatkulil Ambar

Abstract


Penelitian ini bertujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian konten dalam buku teks matematika SMP kelas VII program sekolah penggerak terbitan  Kemdikbudristek tahun  2021 berdasarkan kriteria Bell. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan buku teks yang tepat untuk siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Metode penelitian yaitu kuantitatif deskriptif, subjek dalam penelitian adalah penyajian konten dalam buku teks matematika SMP kelas VII program sekolah penggerak terbitan  Kemdikbudristek tahun  2021  yang terdiri dari 7 Bab, yang akan di analisis menggunakan 21 indikator kriteria Bell yang berkaitan dengan materi matematika. Hasil analisis berupa persentase tingkat kesesuaian penyajian konten berdasarkan indikator kriteria Bell. Hasil penelitian diperoleh pada Bab 1 bilangan bulat presentase 71%,Bab 2 aljabar presentase 76%, Bab 3 persamaan linear presentase 95% , Bab 4 perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai presentase 81%, Bab 5 bangun datarpresentase 86%, Bab 6 bangun ruang presentase 90%, dan Bab 7 menggunakan data diperoleh presentase 76%. Hasil rata-rata persentase tingkat kesesuaian pada buku teks matematika SMP untuk setiap Bab berdasarkan kriteria Bell dengan kategori sangat baik rata-rata hasil analisis sebesar 82%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sultan Agung has been indexed by: