Implementasi Sistem Evaluasi dan Penilaian Anaka Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi

Nida Al Haq, Lina Kurnia Kurnia

Abstract


 

Pendidikan inklusi adalah tentang semua peserta didik yang berkebutuhan khusus mendapatkan perlakuan dan pelayanan pendidikan yang sama dan disesuaikan dengan kebutuhan individu. Penilaian merupakan komponen evaluasi yang sangat penting yang harus dilakukan oleh guru untuk mengetahui keefektifan suatu proses pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus memiliki keberagaman dalam berbagai aspek seperti komunikasi interaksi, emosional emosional, fisik dan motorik anak. Seperti yang dilakukan oleh SDN 14 Jatinegara Kaum yag melakukan berbagai cara untuk mengetahui perkembangan secara siknifikan pada keefektifan dari anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar supaya proses pembelajaran diketahui oleh orang tua secara baik. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalahnya 1) Bagaimana Implementasi Penilaian pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SDN 14 Jatinegara Kaum Jakarta, 2) Bagaimana Evaluasi sistem Penilaian yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SDN 14 Jatinegara Kaum Jakarta. Penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari data primer dan sekunder, melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu upaya guru dalam implementasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.

 

Kata Kunci: Penilaian Hasil Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi


Keywords


Assessment of Learning Outcomes, Children with Special Needs, Inclusive Education

Full Text:

PDF

References


Christie, et.el.2009. Langkah Awal berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus, terjemahan

Gamal Thabroni(2021). Serupa.id Pendidikan Inklusif: Pengertian, Tujuan, Dasar Hukum, dsb . https://serupa.id/pendidikan-inklusif/

Ishartiwi.2010. Implementasi Anak berkebutuhan Khusus dalam Sistem Persekolahan Nasional.Yogyakarta.UNY.

Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: PT Luximo Metor Media.

Manipuspika.Yana Santi. 2011. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Moleong, 2002.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wardani. I, G.A.K. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta Universitas terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i3.21477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id