PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN INTEGRASI PEMANFAATAN LMS SMAN SIX LEARNING SYSTEM

Nanik Widayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis Peserta didik kelas XII MIPA 8 SMAN 6 Semarang tahun ajaran 2021/2022 melalui penerapan model Discovery learning.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA 8 SMAN 6 Semarang yang berjumlah 36 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran daring menggunakan LMS SMAN Six Learning System yang dikombinasikan dengan aplikasi Google Meet yang diterapkan pada masa pandemi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau perekaman. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh dari nilai hasil pembelajaran berkaitan dengan tingkat kemampuan berfikir kritis peserta didik. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, jurnal , dan dokumentasi foto serta video yang dideskripsikan dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA 8 SMAN 6 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase ketercapaian indikator kemampuan berpikir kritis siswa pada prasiklus sebesar 60.30% meningkat menjadi 76.20% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82%.

Keywords


Discovery learning, kemampuan berpikir kritis, Learning System

Full Text:

PDF

References


Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Biologi.Yogyakarta: Ombak

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arifin, Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip – Teknik – Prosedur. Bandung: Remaja Resodakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher

Gredler, Margaret. E. 2011. Lerning & Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Johnson, Elane B.2009. CTL (Contextual Teaching & Learning). Terj. Ibnu Setiawan. Bandung: MMU

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Analisi Data Kualitatif.Jakarta: UI- Press

Moleong, L.J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Paizaluddin & Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas : Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rahman, Abdul Hamid. 2014. Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Ombak Rooijakkers, Ad. 2003. Mengajar Dengan Sukses . Jakarta : Grasindo

Ruhimat, Toto. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning (Teori,Riset dan Praktek ).

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyanto.2009. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suryani, Nunuk & Agung S. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak

Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Ombak

Sutopo, H.B.2002. Metodelogi Kualitatif ( dasar teori dan terapanya dalam penelitian). Surakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS)




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id