PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI INDIKATOR ASAM DAN BASA MELALUI EKSPERIMEN MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI DI LINGKUNGAN SEKITAR BAGI SISWA SMK NEGERI 3 KENDAL

Maila Rosma Indah

Abstract


Rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang menarik dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yaitu metode eksperimen menggunakan bahan alami di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran dengan metode eksperimen ini dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian lanjutan menggunakan metode eksperimen menggunakan bahan alami di lingkungan sekitar untuk materi kimia yang lain perlu dilakukan agar siswa menjadi semakin tertarik terhadap pembelajaran kimia.

Keywords


Eksperimen, Bahan alami, Lingkungan sekitar, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Algesindo.

Anni, C. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar.2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Atmaji dan Setyaningsih (ed.). 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.

Arsyad, Azhar.2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Hamruni. 2008. Meningkatkan Kemampuan dan Kecepatan Belajar dalam Konsep Accelerated Learning. http://online.uin.suka.info/ejurnal/index#php.(diakses pada tanggal 21 Juni 2009)

Junaedi, Iwan, 2011. Instrumen Penelitian dan Analisis Data. Makalah disajikan pada Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Action Research Guru SMA/ SMK Prop. Jawa Tengah.

Nugroho, 2010. Teknik Penyusunan Rancangan dan Pelaporan Hasil PTK. Makalah disajikan pada Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Action Research Guru SMA/ SMK Prop. Jawa Tengah.

Roestyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, 1990. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru

Sudjana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Model Pembelajaran Afektif Sikap. http://akhmadsudjajat.wordpress.com/2008/05/08/model-pembelajaran-afektif-sikap. (diakses pada tanggal 13 Juni 2009)

Sunyono. 2009. Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Semester 1 SMA Swadhipa Natar. http//blog.unila.ac.id (Diunduh 14 Februari 2011).

Tanpa Pengarang. 2009. Metode Pembelajaran (Eksperimen). http// jackmat-smpirdk.blogspot.com (Diunduh 14 Februari 2011).

Triyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id