Standar nursing language berbasis NANDA, NOC, dan NIC terhadap kualitas pengisian dokumentasi keperawatan

Yana Hendriana, Aria Pranatha

Abstract


Pendahuluan: Perawat Indonesia harus dapat memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif, mandiri (independen), sehingga pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan dan dipertanggunggugatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan standar nursing languageterhadap kualitas pengisian dokumentasi keperawatan. Metode:Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan jenis non equivalen without control group, after only design. Seluruh pasien dan perawat ruang Flamboyan dan Cempaka sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan uji non parametrik Wilcoxon test. Hasil:Terdapat peningkatan skor kualitas pengisian dokumentasi keperawatan setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam pengisian dokumentasi keperawatan. Hasil penelitian menunjukkanp-value0,000. Simpulan: Ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pengisian dokumentasi keperawatan berbasis NANDA, NOC dan NIC setelah dilakukan Penerapan Standard Nursing Language. RS diharapkan dapat menetapkan standard an melakukan monitoring secara berkala terhadap proses dokumentasi keperawatan. 

Keywords


SNL; NANDA; NOC; NIC; kualitas pendokumentasian

Full Text:

PDF

References


Aripsunadi. (2011). Hubungan Antara Berpikir Kritis Perawat Dengan Kualitas Asuhan Keperawatan Di Unit Perawatan Ortopedi Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Jakarta : FIK UI.

Carpenito, L. J. (2000). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Edisi 8, Alih Bahasa Ester M. Jakarta : EGC.

Elsevier. (2013). Nursing Outcomes Clasification (NOC) Pengukuran Outcomes Kesehatan. Edisi Kelima. Jakarta:CV.Mocomedia.

_______. (2013). Nursing Intervention Clasification (NIC). Edisi Keenam. Jakarta:CV.Mocomedia.

Johnson, M., Mass, M., & Moorhead, S. (2000). Nursing Outcomes Classification. Second Edition. Philadelphia : Mosby

Johnson, M., Maas, M., Moorhead S., & Swanson, E. (2008). IOWA Outcome Project: Nursing Outcomes Classification (NOC). 4th ed. Missouri; Mosby, Inc

Mc., Closkey & Bulechek, G. M. (1996). Nursing Intervention Classification. St. Louis : Mosby - year book, inc.

NANDA International. (2017). Diagnosis Keperawatan Definisi & Klasifikasi 2017-2020. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

_________. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka

Cipta.

_________. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Profesional, Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Medika.

_________. (2014). Manajemen Keperawatan:Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Jakarta: Salemba Medika

Persatuan Perawat Nasional Indonesia. (2000). Standar Praktik Keperawatan. Jakarta.

Pranatha, A. (2016). Hubungan Profesional Dalam Lingkup Pelayanan Kepearwatan Setelah Penerapan Sistem Pemberia Pelayanan Keperawatan profesional Di RSUD 45 Kuningan. Tidak dipubilaksikan. Tesis

Yuniarti, K. (2005). Analisis Kesesuaian Penggunaan Diagnosa Keperawatan, Tujuan Dan Intervensi Menurut NANDA NIC NOC Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di RS. Sardjito Yogyakarta. Yogyakarta : Skripsi Keperawatan UGM.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.5.2.26-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats