HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

Muhammad Fikri Arif Riansyah, Abdurrohim Abdurrohim

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Komunikasi interpersonal orangtua dengan keharmonisan keluarga di SMA 3 Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 90 responden yang didapatkan menggunakan metode cluster random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan skala komunikasi interpersonal dengan nilai reliabilitas 0,892 dan skala keharmonisan dengan nilai reliabilitas 0,937. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment Pearson, dengan bantuan Program Software statistical Program for Social Science versi 27 (SPSS) Hasil penelitian ditunjukan dengan koefisien korelasi = 0,638 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (p < 0,05). Hasil perhitungan menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal orangtua dengan keharmonisan keluarga. Semakin tinggi komunikasi interpersonal maka semakin tinggi keharmonisan keluarga dan sebaliknya, semakin rendah komunikasi interpersonal orangtua maka semakin rendah keharmonisan keluarga

Keywords


Komunikasi interpersonal, Keharmonisan keluarga

Full Text:

PDF

References


Aziz, Yusmansyah., & Mayasari, S. (2019). Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa. Jurnal bimbingan dan konseling, 7(4).

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (1st ed.). Pustaka pelajar.

Azwar, S. (2022). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Pustaka pelajar.

Berlia Sukmawati. (2021). Dampak perceraian orang tua bagi psikologis anak. Jurnal studi gender dan anak.

Bustami. (2020). Psikologi keluarga: membangun keharmonisan dan kesejahteraan rumah tangga. Kencana prenada media.

Cahayantara Fauzi. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal orang tua terhadap kenakalan remaja siswa sman 1 sumberpucung.

Cassanova, R. (2011). Komunikasi keluarga: Perspektif interpersonal. graha ilmu.

Daradjad. (2009). Ilmu pendidikan islam. bumi aksara.

Darahim, A. (2015). Membina keharmonisan dan ketahanan keluarga. publishing.

Deddy. (2018). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Rosdakarya.

DeVito. (2011). The interpersonal communication book (13th ed). Pearson.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Karisma publishing group.

Erdiyanti, Y. P., & Nurhaipah, T. (2021). Efektivitas komunikasi interpersonal dalam bimbingan & konseling keluarga untuk meningkatkan keharmonisan antara mertua & menantu perempuan. Teraputik: jurnal bimbingan dan konseling, 5(2), 173–181. https://doi.org/10.26539/teraputik.52123.

Farid Dwi Andrian, & Heni Halimatussyadiah. (2024). Harmoni keluarga: integrasi kasih sayang, komunikasi efektif, dan keseimbangan hidup dalam perspektif islam dan psikologi keluarga. familia: jurnal hukum keluarga, 5(1).

Firmansyah, M. R. (2024). Proses komunikasi antarpribadi mahasiswa dengan orang tua dalam menjaga keharmonisan keluarga

Fitriani, & Jahada. (2020). Perilaku agresif siswa ditinjau dai keharmonisan keluarga. jurnal attending, 1(3), 339–349.

Fitriza & Taufik. (2022). Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dengan keharmonisan keluarga. 2(1), 7–12.

Hadori, M., & Minhaji, M. (2018). Makna kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga dalam perspektif psikologi. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 12(1), 5–36. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v12i1.139

Hafid. (2018). Komunikasi dalam keluarga: membangun hubungan harmonis antara orang tua dan anak. Jurnal Ilmu Keluarga, 5(2), 125–135.

Hargie, O. (2011). Skilled interpersonal communication: research, theory and practice. Routledge.

Hasyim Hasanah. (2015). Pengaruh komunikasi interpersonal dalam menurunkan problem tekanan emosi berbasis gender . Studi Gender, 11.

Hurlock. (2007). Developmental psychology an approach throughout range life, 2nd ed. . Erland. Kavikondala, S., Stewart, S. M., Chan, M.,

Lee, P., & McDowell. (2016). Structure and validity of family harmony scale: an instrument for measuring harmony. psychological assessment, 28(3), 307–318.

Kurniawan, M. (2025). Peran komunikasi interpersonal orang tua terhadap keharmonisan keluarga.

Kumar, S., Groth, A., and Vlacic, L., (2013). An Analytical Index for Evaluating Manufacturing

Aminah, Yusra, & Syukri, S. (2024). Interpersonal communication of parents and children in creating family harmony (Case study in Matra Manunggal Village, West Tanjung Jabung District, Jambi Province). Innovative: Journal of Social Science Research, 4(3), 2292–2297

Lilik Parwanti. (2021). Pengaruh keharmonisan keluarga dan konsep diri terhafdap interaksi sosial remaja pada siswa kelas xi smk negeri 01 cluwak.

Lubis, N. A. (2020). Hubungan komunikasi interpersonal dengan keharmonisan keluarga .

Nurhalimah Lubis. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal dengan keharmonisan keluarga di kelurahan perdamean kecamatan rantau selatan .

Nursalam. (2015). Dampak komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan anak. jurnal psikologi dan pendidikan, 12(1), 45–52.

Puspitowati, L., Wijaya, & Bidori. (2021). Pengaruh keharmonisan keluarga dan konsep diri terhadap interaksi sosial remaja pada siswa kelas xi smk negeri 01 cluwak tahun ajaran 2020/2021. industry and higher education, 3(1).

Putri, Karneli, Nirwana, & Mudjiran. (2022). Peranan konselor dalam konseling keluarga untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. journal of counseling, education and society, 3(1), 28–30.

Rahayu. (2017). Konseling keluarga dengan pendekatan behavioral: strategi mewujudkan keharmonisan dalam keluarga. proceeding seminar dan lokakarya nasional bimbingan dan konseling 2017, 2(0), 264–272.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi (28th ed.).

Ramadhani. (2013). Komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membentuk perilaku positif anak pada murid SDIT Cordova Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Randy S. M. R. Siahaan. (2010). Komunikasi interpersonal: teori dan praktik. raja grafindo persada.

Sean Anggiatheda Sitorus. (2025). Dampak perceraian terhadap psikologis anak.

Septiana & Simanjuntak. (2014). Ethnic Factor in Communication Pattern , Marital Adjustment , and Family Harmony Abstract. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(1), 1–9. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/9990

Sihaloho, & Yuwono. (2024). Hubungan keharmonisan keluarga dengan kenakalan remaja pada siswa sma x di salatiga. Jurnal mirai management, 9(1), 569–577.

Suhartati, S., & Hendrati. (2015). Komunikasi anak–orang tua pada keluarga harmonis dan tidak harmonis. Jurnal Psikologi, 12, 83–90.

Suhartati, V. (2013). Perbedaan komunikasi interpersonal anak-orangtua ditinjau dari keharmonisan perkawinan orang tua. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2), 110–121. Universitas Merdeka Malang.

Sukardi. (2020). Keluarga Harmonis: Komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. jurnal sosial dan budaya, 4(1), 88-95.

Sulistiyowati, W. (2017). Buku ajar statistika dasar. buku ajar statistika dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Suranto Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.

Suwartono. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian (Erang Risanto, Ed.; 1st ed.). ANDI.

Tegariyani. (2018). Mom Worked: Patterns of Parenting and Attachment by Children.

Utami, Suci Febrian, & enita Yatim. (2021). quality time keluarga yang sibuk bekerja (studi kasus : keluarga petani di nagari tigo jangko, kabupaten tanah datar). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Utomo. (2016). Komunikasi interpersonal remaja di era globalisasi. Jurnal Komunikasi, 10(2), 145–156.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat