HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN BURNOUT PADA MAHASISWA AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS “X” DI SEMARANG

Aris Meirawati, Abdurrohim Abdurrohim

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan burnout pada mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas “X” di Semarang. Populasi yang digunakan yakni mahasiswa semester akhir angkatan 2019-2021 dengan jumlah 146 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, sehingga angkatan 2021 yang berjumlah 76 mahasiswa dijadikan sampel penelian setelah dilakukan spin. Dua alat ukur yang digunakan yakni skala stres akademik yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisian reliabilitas 0,942 dan skala burnout yang terdiri dari 30 aitem dengan nilai koefisien reliabilitas 0,963. Hasil analisis korelasi pearson diperoleh skor koefisien sebesar rxy=0, 863, dengan skor signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara stres akademik dengan burnout. Dimana semakin tinggi tingkat stres akademik maka akan semakin tinggi pula burnout yang dialami mahasiswa semester akhir Program Studi Teknik Sipil Universitas “X” di Semarang

Keywords


Stres akademik, Burnout

Full Text:

PDF

References


Alvianita, I. (2023). Pengaruh stres akademik dan efikasi diri terhadap burnout akademic pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Andaiyani, A., & Said, A. (2020). Pengaruh kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan persekitaran keluarga terhadap stres akademik murid sekolah menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(5), 12–23. doi.org/10.47405/mjssh.v5i5.407

Darby, Frank, Walls, & Chris. (1998). Stress and fatigue: their impact on health and safety in the workplace. Published by the occupational safety and health service of the department of labour.

Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan antara kesabaran dan stres akademik pada mahasiswa di pekanbaru. An – Nafs: Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1), 21–34.

Jamil. (2018). Burnout in academics: an empirical study in private universities in malaysia. The International Journal of Social Science and Humanities Invention, 1, 62–72.

Kesuma, Z. R. (2024). Hubungan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Skripsi.

Khairani, Y., & Ifdil. (2015). Konsep burnout pada mahasiswa bimbingan online dan konseling. 4, 4.

Khatami, R. A. (2018). hubungan stres terhadap burnout pada mahasiswa preklinik fakultas kedokteran uin syarif hidayatullah jakarta tahun ajaran 2018/2019. Skripsi.

Nugroho, R. A. (2020). Hubungan stres dengan burnout mahasiswa yang sedang menghadapi tugas skripsi online pada mahasiswa universitas islam riau pekanbaru. Skripsi.

Pines, A., & Aronson, E. (1988). Career burnout: Causes and cures. Free Press.

Rabuka, M. C., Latuheru, G., & Taihuttu, Y. (2023). Hubungan stres akademik dengan academic burnout pada mahasiswa semester pertama tahun 2022 di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Jurnal Psikologi Tabularasa, 18(2), 150–158. doi.org/10.26905/jpt.v18i2.11115

Rahmadani, N. (2024). Hubungan stres akademik dengan Academic burnout pada anggota sanggar seni seulaweueut UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 1–23.

Rahmatpour, Chehrzad, Ghanbari, & Sadat-Ebrahimi. (2019). Academic burnout as an educational complication and promotion barrier among undergraduate students: A cross-sectional study. Journal of Education and Health Promotion, 8. doi.org/10.4103/jehp.jehp_165_19

Rahmawati. (2015). The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level of Self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Redityani. (2021). Peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap burnout pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana.

Rismen. (2015). Analisis kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di prodi pendidikan matematika STKIP PGRI. LEMMA, 1(2).

Rozaq, A. (2014). Tingkat stres mahasiswa dalam proses mengerjakan skripsi. Jurnal Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Saputri, K. A., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan antara self efficacy dan social support dengan tingkat stres pada mahasiswa akhir penyusun skripsi di FIP UNNES tahun 2019. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(1).

Sujadi, E. (2023). Perfeksionisme, stres, dan burnout akademik pada mahasiswa: analisis structural equation modeling. Jurnal Counseling Care, 7(1), 41–51. doi.org/10.22202/jcc.2023.v7i1.6690

Syafira, M., Khotimah, S., & Nugrahayu, E. Y. (2023). Hubungan stres dengan burnout pada mahasiswa program studi kedokteran fakultas kedokteran universitas mulawarman. Jurnal Kedokteran Mulawarman, 10(1), 14–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat