HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN ADIKSI MEDIA SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMK X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan adiksi media sosial dengan kesejahteraan psikologis pada siswa SMK X. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI pada SMK X sejumlah 225 siswa. Sampel berjumlah 223 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 skala, yaitu skala kecenderungan adiksi media sosial berdasarkan aspek-aspek dari Griffiths dan Kuss (2005) dan skala kesejahteraan psikologis dengan memodifikasi skala psychological well-being Humaidah, A & Mulyono, R (2025) berdasarkan aspek-aspek dari Ryff (1995). Teknik analisis data menggunakan Product Moment Pearson. Hipotesis yang diajukan peneliti adalah adanya hubungan negatif antara variabel kecenderungan adiksi media sosial dan kesejahteraan psikologis pada siswa SMK X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi negatif yang signifikan antara kecenderungan adiksi media sosial dan kesejahteraan psikologis rxy= -0.370 dengan signikansi p=0,001 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis penelitian ini diterima. Terdapat hubungan antara kecenderungan adiksi media sosial dengan kesejahteraa psikologis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arrahmi Thahir, F., Adisti Hajarini, F., Nasution, K., Nazira Harahap, T., & Wulandari, V. (2023). PT. Media Akademik Publisher Kesehatan Mental Di Era Generasi Z Dalam Studi Kasus Smp Negeri 36 Medan. Jurnal Media Akademik, 1(1).
Astutik, W., Setyowati, W. E., & Febriana, B. (2025). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Psikologi, 10 (2), 201-219 .
Diener, E. (2009). Assessing well-being. In Encyclopedia of quality of life and well- being research (pp. 6437–6441). Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007- 0753-5_2930
Fomina, T., Burmistrova-Savenkova, A., & Morosanova, V. (2020). Self-regulation and psychological well-being in early adolescence: A two-wave longitudinal study. Behavioral Sciences, 10(3), 67. https://doi.org/10.3390/bs10030067
Griffiths, M. (2005). A “components” model of addiction within a biopsychosocial framework. Journal of Substance Use, 10(4), 191–197. https://doi.org/10.1080/14659890500114359
Griffiths, M. D., & Kuss, D. J. (2017). Adolescent social media addiction (revisited). Education and Health, 35(3), 49–52.
Humaidah, A., & Mulyono, R. (2025). Adaptasi psychological well-being short scale pada mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 141–149. https://doi.org/10.31004/edukatif.v7i1.5432
Mackson, S. B., Brochu, P. M., & Schneider, B. A. (2019). Instagram: Friend or foe? The application’s association with psychological well-being. New Media & Society, 21(10), 2160–2182. https://doi.org/10.1177/1461444819840021
Nur Cahya, M., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja: Tinjauan pengaruh penggunaan media sosial pada kecemasan dan depresi remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704–706. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.917
Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan psikologis remaja di sekolah. Jurnal Psikologi Perkembangan, 4(1), 45–58.
Radiani, W. A. (2019). Kesehatan mental masa kini dan penanganan gangguannya secara Islam. Journal of Islamic and Law Studies, 3(1), 1–27. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jils/article/view/2659
Reer, F., Tang, W. Y., & Quandt, T. (2019). Psychosocial well-being and social media engagement: The mediating roles of social comparison orientation and fear of missing out. New Media & Society, 21(7), 1486–1505. https://doi.org/10.1177/1461444818823719
Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach to psychological well-being. Journal of Happiness Studies, 9(1), 13–39. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9019-0
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja (Edisi 9). Erlangga.
Suryani, U., & Yazia, V. (2024). Hubungan tingkat depresi dengan social media addiction pada remaja. Jurnal Keperawatan, 16(2), 783–790.
Thorsteinsson, E. B., & Brown, R. F. (2009). Mediators and moderators of the stressor- fatigue relationship in nonclinical samples. Journal of Psychosomatic Research, 66(1), 21–29. https://doi.org/10.1016/j.jpsychores.2008.06.010
Twenge, J. M. (2019). More time on technology, less happiness? Associations between digital-media use and psychological well-being. Current Directions in Psychological Science, 28(4), 372–379. https://doi.org/10.1177/0963721419838244
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.