HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MUSIC PERFORMANCE ANXIETY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI MUSIK UNIVERSITAS X

Trisya Hikmal Zaidan, Agustin Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri dengan music performance anxiety pada mahasiswa program studi pendidikan seni musik Universitas X. Penelitian ini melibatkan 80 mahasiswa angkatan 2023 yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu Generalized Self-Eficacy Scale yang dikembangkan oleh Ralf Schwarzer dan Matthias Jerusalem dan skala Skala Music Performance Anxiety Inventory for Adolescents (MPAI-A) yang disusun oleh Osborne dan Kenny. Skala efikasi diri terdiri dari 10 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,877 dan skala kecemasan penampilan musik terdiri dari 15 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,883. Teknik analisis data menggunakan metode uji korelasi Pearson. Hasil uji hipotesis dengan analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan penampilan musik, diperoleh rxy = 0,282 dengan taraf signifikansi 0,018 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ditolak

Keywords


efikasi diri, kecemasan penampilan musik, mahasiswa seni musik

Full Text:

PDF

References


Athari, J. R., Musawwir, & Minarni. (2024). Gambaran music performance anxiety pada musisi dewasa awal di kota makassar. Jurnal Psikologi Konseling, 4(2), 521–526. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3765

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (II). Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. In W.H Freeman and Company New York (Vol. 43, Nomor 9).

Damar, A., & Phetorant, D. (2022). Buku Seni Musik. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. In Random House.

Greenberger, D., & Padesky, C. A. (2016). Mind over mood, second edition: change how you feel by changing the way you think. Guilford Publications.

Osborne, M. S., & Kenny, D. T. (2005). Development and validation of a music performance anxiety inventory for gifted adolescent musicians. Journal of Anxiety Disorders, 19(7), 725–751. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2004.09.002

Perkasa, G. (2022). Manfaat belajar sambil mendengarkan musik, menurut survei. Kompas.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/19/160000120/manfaat-belajar-sambil-mendengarkan-musik-menurut-survei?page=all

Prabowo, K. L. (2020). Hubungan self efficacy dan music performance anxiety pada komunitas salatiga jamaican sounds (music indie). Repositori Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana, 1(1), 1–25. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/21139

Pratama, A. L. (2022). Pengaruh efikasi diri dan regulasi emosi terhadap music performance anxiety pada anggota paduan suara mahasiswa gema gita bahana uin maulana malik ibrahim malang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.

Pratama, A. L., & Solichah, N. (2022). Pengaruh self-efficacy dan emotional-regulation terhadap kecemasan pertunjukan musik pada paduan suara mahasiswa Universitas X. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 2(2), 253–270. https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.18271

Riandi, A. P., & Maharani, D. (2023). 15 tahun berkarier, Afgan masih grogi saat akan tampil di atas panggung. https://www.kompas.com/hype/read/2023/06/29/064700166/15-tahun-berkarier-afgan-masih-grogi-saat-akan-tampil-di-atas-panggung-

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60, 101832. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat