Hubungan Antara Problem-Focused Coping Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Unissula

Muhammad Khoirusy Syifa', Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara problem-focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA). Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 78 mahasiswa angkatan 2022 dan 2023, yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala stres akademik yang berjumlah 24 aitem dengan reliabilitas 0,859 dan skala problem-focused coping dengan jumlah aitem 34 reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,894. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara problem-focused coping dengan stress akademik yang diuji dengan menggunakan analisis korelasi product moment diperoleh nilai rxy sebesar -0,666 dengan signifikansi 0,003, berarti p < 0,05. Artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima

Keywords


stres akademik, problem-focused coping

Full Text:

PDF

References


Dewi, D. L. K., & Muslikah, M. (2021). Hubungan coping stres dan dukungan sosial dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(02), 121-129.

Rosa, N. N., Retnaningsih, L. E., & Jannah, M. (2021). Pengaruh strategi koping stres mahasiswa terhadap stres akademik di era pandemi Covid-19. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(2), 103-111.

American College Health Association. (2022). National College Health Assessment: Executive Summary. ACHA.

Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan antara kesabaran dengan stres akademik pada mahasiswa di pekanbaru. An-Nafs, 13(01), 21-34.

Masitoh, A. (2020). Strategi koping siswa dalam menghadapi stres akademik di era pandemi Covid-19. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 185-198.

Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. (2021). Kecerdasan emosional dan mekanisme koping berhubungan dengan tingkat stres akademik mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(4), 869-878.

Apriliana, D. N. (2021). Strategi koping dan stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring pada masa pandemi Covid-19. J Imiah Psikol, 9(1), 89-96.

Zulfa, M. L. (2023). Hubungan antara strategi coping dengan stres akademik pada siswa MA Nurul Haromain Pujon Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1–10.

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat