Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kematangan Karir pada Siswa SMAN 1 Kendal

Silvia Meilani, Luh Putu Shanti Kusumaningsih

Abstract


Tujuan dilakukannya riset ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kematangan karir pada siswa SMAN 1 Kendal. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian melibatkan 110 siswa kelas XI dengan rentang usia 15 – 18 tahun.  Pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala kematangan karir yang terdiri dari 19 aitem dengan estimasi reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,836 dan skala dukungan sosial orang tua terdiri dari 26 aitem dengan estimasi reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,923. Hasil uji korelasi Product Moment Pearson menunjukkan koefisien korelasi (rxy) 0,534 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,001), hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kematangan karir pada siswa SMAN 1 Kendal diterima.


Keywords


kematangan karir, dukungan sosial orang tua

Full Text:

PDF

References


Aini, A. N., & Nastiti, D. (2019). Gambaran Kematangan Karir Pada Siswa Di Sekolah Menengah Atas [Description Of Career Maturity In High School Student]. Manasa, 9(1), 1–13.

Aji, G. S. (2019). Pengaruh Kematangan Karir terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9), 647–658.

Akbar, H., & Tarmidi. (2011). Kecenderungan Pemilihan Karier Berdasarkan Gaya Belajar pada Siswa SMA Kelas XII. 1–14.

Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53

Amalia, I. (2018). Hubungan Lokus Kendali Internal dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Psikologi Universitas Malikussaleh. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 1(1), 12–17. https://doi.org/10.29103/jpt.v1i1.2870

Amria, A. D. K., Afdal, A., & Hariko, R. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Siswa SMP/MTS. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(4), 493–502. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.493-502

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17

Ariana, R. D., & Soetjiningsih, C. H. (2018). Hubungan Efikasi Diri Karir dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMKN 2 Jepara. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(1), 7–21. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i1.2240

Arianne, & Purwanti, M. (2019). Gambaran Kematangan Karier Siswa Kelas X SMA Swasta Jakarta. Manasa, 8(1), 62–83.

Arindawanti, R. A. D., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Subjective Well-Being pada Karyawan Bagian Produksi. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 42–56.

Astarina, M., Isfahani, R., & Pratiwi, A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Cikupa. Nusantara Hasana Journal, 1(6), 74–78.

Aziz, A., & Siswanto, K. A. P. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Kematangan Karir pada Siswa SMA. Analitika, 10(1), 7–13. https://doi.org/10.31289/analitika.v10i1.1492

Azwar, S. (2022a). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2022b). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2023). Penyusunan Skala Psikologi (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Efendy, M., & Haryanti, A. (2020). Konsep Diri dan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 21–29.

Ginevra, M. C., Nota, L., & Ferrari, L. (2015). Parental Support in Adolescents’ Career Development: Parents’ and Children’s Perceptions. The Career Development Quarterly, 63(1), 2–15. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2015.00091.x

González, M. Á. (2008). Career Maturity: A Priority for Secondary Education. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 6(16), 749–772.

Grashinta, A., Istiqomah, A. P., & Wiroko, E. P. (2018). Pengaruh Future Time Perspective terhadap Kematangan Karir pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4981

Harefa, P. P. P., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Konsep Diri pada Remaja Korban Bullying. JCA Psikologi, 1(1), 1–8. www.cdbethesda.org,

Hasanuddin, H., & Khairuddin, K. (2021). Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri, dan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa SMA Negeri 2 Binjai. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 148–155. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5906

Hasbi, F. I., & Alwi, M. A. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial terhadap Hardiness pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(2), 92–101.

Herin, M., & Sawitri, D. R. (2017). Dukungan Orang Tua dan Kematangan Karir Pada Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Jurnal EMPATI, 6(1), 301–306. https://doi.org/10.14710/empati.2017.15124

Ikram, M., Hasfi, W., Hasfi, W. T., Serano, V. R., & Adam, A. F. (2024). Analisis Faktor Kematangan Karir yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Bosowa Education. Musamus Journal of Public Administration, 7(1), 141–151.

Imanto, H., & Kustanti, E. R. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kematangan Karier pada Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo dan Kelas II Yogyakarta. Jurnal EMPATI, 10(2), 86–91. https://doi.org/10.14710/empati.2021.30997

Istifarani, F. (2016). Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(5), 1–11.

Jalal, N. M. (2024). Pengaruh Era Digitalisasi terhadap Kematangan Karir Siswa Remaja. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4221–4227.

Jena, L., & Nayak, U. (2020). Theories of Career Development: An Analysis. Indian Journal of Natural Science, 10(60), 23515–23523. www.tnsroindia.org.in

Kerebungu, K., & Santi, D. E. (2021). Peran Dukungan Sosial terhadap Resiliensi pada Dive Guide yang dirumahkan Akibat Pandemi COVID-19 di Manado. Seminar Nasional Psikologi Dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) UM, 1(1), 382.

Kusumaningrum, S. H., & Sugiasih, I. (2022). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kematangan Karir Di SMA Negeri 1 Purwodadi. Jurnal Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 1(1), 234–242.

Kusumawati, Hasfaraini, A. R., & Sari, Y. N. (2024). Dampak Lapisan Mikrosistem Pada Karir Remaja. Coution: Journal of Counseling and Education, 5(2), 76–85.

Laila, V. K. A., Sulistiani, W., & Arya, L. (2019). Layanan Bimbingan Karir dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Psikologi Poseidon, 17–25. https://doi.org/10.30649/jpp.v2i1.22

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 17–27. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.859

Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Klaten. Wacana, 4(2), 116–145.

Ma’rufi, A. R., Mujidin, & Yuzarion. (2020). Hubungan Konsep Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kematangan Karier Siswa MA Madania. Wahana Islamika, 6(2), 133–145. http://wahanaislamika.ac.id

Marita, R. H., & Izzati, U. A. (2017). Harga Diri dan Kematangan Karir pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 8(1), 43–52. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/view/1674

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 201–212. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i2.40975

Nailufar, I., & Nurendra, A. M. (2018). Kematangan Karir ditinjau dari Dukungan Orang Tua pada Siswa Kelas XII SMA Walisongo Ketanggungan. 1–8.

Nugrahaini, F., & Sawitri, D. R. (2015). Hubungan Antara Kematangan Karir dan Psychological Well-Being pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Semarang. Jurnal Empati, 4(2), 87–92. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/download/14897/14413

Nugraheni, F., & Daliman. (2023). Hubungan Harga Diri dan Dukungan Orang Tua dengan Kematangan Karier Mahasiswa. https://eprints.ums.ac.id/99347/

Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), 213–222. https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.411

Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa SMA Negeri 1 Kemangkon Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal EMPATI, 7(2), 321–327. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21703

Putra, A. C. M., & Muttaqin, D. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Burnout pada Perawat di Rumah Sakit X. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(2), 82–87.

https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i2.3901

Qur’ani, N. T., & Sawitri, D. R. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Kematangan Karir pada Siswa Kelas X Jurusan Multimedia di SMK Perdana Semarang. Empati, 11(4), 229–233. https://doi.org/10.14710/empati.0.36465

Rachmasari, N. A., & Purwantini, L. (2019). Kemandirian Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Kematangan Karier pada Siswa SMA. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 153–167. https://doi.org/10.33541/sel.v1i2.929

Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, R. A., & Fauziah, N. (2016). Kematangan Karier Siswa SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jurusan. Humanitas, 13(2), 112–121.

Rehfuss, M. C., & Sickinger, P. H. (2015). Assisting High School Students with Career Indecision Using a Shortened Form of the Career Construction Interview. Journal of School Counseling, 13(6), 1–24.

Romm, K. F., Metzger, A., & Turiano, N. A. (2021). Parental Emotional Support and Health Problems: The Role of Social Support and Social Strain. Journal of Adult Development, 28(4), 319–331. https://doi.org/10.1007/s10804-021-09379-z

Safinah, V., Marsofiyati, M., & Fadillah Fidhyallah, N. (2023). Hubungan Harga Diri dan Dukungan Sosial dari Orang Tua dengan Kematangan Karir Mahasiswa. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(2), 429–442. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.568

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier: Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier (1st ed.). Pustaka Pelajar.

Samosir, M. J., & Suharso, P. L. (2018). Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier dan Parental Career-Related Behaviors: Berperankah pada Komitmen terhadap Pilihan Karier Remaja? TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(1), 33–51. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v6i1.11000

Santoso, M. D. Y. (2020). Review Article: Dukungan Sosial Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 11–26. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i1.184

Saputri, A. E., Raharjo, S. T., & Apsari, N. C. (2019). Dukungan Sosial Keluarga bagi Orang dengan Disabilitas Sensorik. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 62–72.

Sari, B. S. I., & Affandi, G. R. (2024). Peranan Self Efficacy dan Konsep Diri terhadap Kematangan Karir Mahasiswa. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 5(1), 26. https://doi.org/10.24014/pib.v5i1.24995

Savickas, M. L. (2001). A Developmental Perspective on Vocational Behaviour : Career Patterns , Salience , and Themes. Journal for Educational and Vocational Guidance, 1(1–2), 49–57.

Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Dukungan Sosial terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568

Sharma, P. (2016). Theories of Career Development: Educational and Counseling Implications. International Journal of Indian Psychology, 3(4), 214–223. https://doi.org/10.25215/0304.116

Subekti, A. R. (2022). Hubungan Antara Future Time Perspective terhadap Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Islam Sultan Agung Kota Semarang. Universitas Islam Sultan Agung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Penerbit Alfabeta.

Suharti, V., & Nugraha, S. P. (2023). Dukungan Sosial dan Resiliensi Akademik Selama Pembelajaran Daring dengan Mediasi Efikasi Diri Akademik pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Malahayati, 5(2), 350–361.

Susilawati, R., Husnawati, & Zulfiani, H. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua terhadap Kematangan Karir. At-Taujih, 2(1), 35–45.

Taylor, S. E. (2015). Health Psychology. In McGraw-Hill Education (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Turner, S. L., Alliman-Brissett, A., Lapan, R. T., Udipi, S., & Ergun, D. (2003). The Career-Related Parent Support Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 36(2), 83–94.

UNESCO. (2024). Global Education Monitoring Report Summary, 2024/5: Leadership in Education : Lead for Learning. https://doi.org/10.54676/ZNLI9227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat