Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Dakwah UIN STS Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa Fakultas Dakwah UIN STS Jambi dalam Menyusun skripsi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 97 mahasiswa yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kesejahteraan psikologis dengan koefisien reliabilitas 0,937 dan skala dukungan sosial teman sebaya dengan koefisien reliabilitas 0,960. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis dengan r = 0,583 dengan taraf signifikasi sebesar 0,000 (p < 0,05), artinya terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis. Semakin tinggi dukungan sosial yang didapat dari teman sebaya maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologi individu tersebut. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial yang didapat dari teman sebaya maka semakin rendah pula kesejahteraan psikologis individu tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, D., Alwi, C. A., Lilis, & Selvi. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(2), 30–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v8i2.1190
Alhakim, adib satrio. (2021). hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa fakultas ekonomi di unissula. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Ardhaneswari, Pande Putu Narisya, Suwitra, W. C. (2024). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Harga Dengan Volume Penjualan Wardah Matte Lip Cream Pada Platform E-commerce Shopee. Jurnal JIS SIWIRABUDA, 02, 151–156.
Aryono, M. M., & Dani, R. A. (2019). Kesepian dan kesejahteraan psikologis pada lansia yang memilih melajang. Proyeksi, 14 (2)(2656–4173), 10.
Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134
Awaliyah, A., & Arruum Listiyandini, R. (2018). Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 5(2), 89–101. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498
Azwar, & Saifuddin. (2015). Validitas Dan Reliabilitas (Edisi 4). Pustaka Pelajar.
Basaria, D., Zamralita, & Aryani, F. X. (2024). Peran strategi koping terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni , 8(1), 20–25.
Blazevic, I. (2016). Family, Peer and School Influence on Children’s Social Development. World Journal of Education, 6(2), 42–49. https://doi.org/10.5430/wje.v6n2p42
Daulay, A. R. (2022). “Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Islam Riau.” Valuta, 20. https://repository.uir.ac.id/18098/1/188110210.pdf
Dini, P. R., & Iswanto, A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres dalam Menyusun Tugas Akhir Pada Mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan, 10(2), 88–148. https://jurnal.stikesbup.ac.id/index.php/jks/article/view/50/51
Dityo, D. R., & Satwika, Y. W. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Perantauan Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Penelitian Psikolog, 10(02), 788–799.
Eva, N., Shanti, P., Hidayah, N., & Bisri, M. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa dengan Religiusitas sebagai Moderator. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 122–131. https://doi.org/10.17977/um001v5i32020p122
Hidayati, L., Amanda, R., Samara, S., Agustin, Y., & Sukatin. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1 no 3, 177–185.
Ibda, F. (2023). Dukungan Sosial: Sebagai Bantuan Menghadapi Stres Dalam Kalangan Remaja Yatim di Panti Asuhan. Intelektualita, 12(2), 153–169. https://doi.org/10.22373/ji.v12i2.21652
Kurniawan, S. R., & Eva, N. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Rantau. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper, 152–162.
Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial, Strategi Coping, Resiliensi, dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02), 76–89. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.261
Melati, M. R. A. S., & Barus, G. (2024). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Rantau (PenelitianDeskripsi Korelasi pada Mahasiswa Baru Angkatan 2023 Prodi BK Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 74–85.
Mufida, A. (2019). Dukungan Sosial Teman Sebaya Sebagai Prediktor Psychological Well-Being pada Remaja. Acta Psychologia, 1, 34–42.
Munir, A., Nasrulloh, A., & Nugroho, S. (2022). Definisi, Struktur dan Penulisan Pada Penelitian Karya Ilmiah Dibidang Ilmu Keolahragaan. Journal Active OfSport, Volume 2 N, 5–6.
Musyaropah, U., Haibar, R. A. L., Kusuma, N. A., Putri, A. I., & Aulia, A. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 18(2), 171. https://doi.org/10.24014/jp.v18i2.16302
Ningsih, E. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada santri di pondok pesantren modern islam assalam surakarta. In Fakultas Psikologi Muhammadiyah Surakarta.
Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i1.284
Oktavia, L. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi, 6–20. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/92881
Pangestu, M. A., & Nurhadianti, R. D. D. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa SMAN 57 Jakarta. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 43–49. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i2
Pedhu, Y. (2022). Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.29210/162200
Pramitha, R., & Dwi Astuti, Y. (2021). Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Kesepian pada Mahasiswa yang Merantau di Yogyakarta. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10), 179–186. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i10.211
Primadhani, R. V. K. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Subjective Well-Being pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro di Semarang. 1–137. http://www.psikologi.undip.ac.id
Pujantoro, A. R. (2021). Kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta.
Puspita, M. D. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dan makna kerja sebagai panggilan (calling) dengan keterikatan kerja. Calypatra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1 No.1.
Roosyiana, A. H. (2022). Distress pada Mahasiswa Penyusun Skripsi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 676–680.
Rossallina, L., & Rifameutia, T. (2023). Peran dukungan sosial dan penyesuaian diri pada kesejahteraan psikologis mahasiswa tahun pertama di masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Sosial, 21(2), 157–169. https://doi.org/10.7454/jps.2023.17
Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Dari Sumatera Di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, Agustus, 7(3), 217–222.
Ryff, C. . (1995). Psychological Well-being in adult life. Current Directions in Psychological Science, 4, 99–104.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan sosial teman sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 59.
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3270
Sarafino, Edward & Smith, T. (2014). Health Psychology:Biopsychosocial interaction.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Univesitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177–182. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979/14478
Sari, S. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Islam Riau. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper, 152–162. https://repository.uir.ac.id/9148/
Silaban, C. C. (2023). Teman sebaya terhadap resiliensi akademik siswa di sma negeri 2 padang bolak tesis program penelitianmagister psikologi program pascasarjana universitas medan area medan teman sebaya terhadap resiliensi akademik siswa di sma negeri 2 padang bolak tesis.
Simarmata dan Karo. (2018). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X Smk Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(1), 63–72.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.)). Alfabeta.
Taylor, S. E. (2003). Health Psychology. McGraw-Hill Hinger Education.
Tri, P. A., & Hartati, S. (2013). Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (PenelitianFenomenologis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 69–81.
Trihastuti, M. C. W., & Anindya, R. (2022). Kondisi Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Psiko Edukasi, 20(2), 107–119. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i2.3917
Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Smk Negeri 3. Jurnal Diversita, 2(2), 1–10.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707
Wulandari, S. (2016). Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis Dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi, 14(2), 94–100. www.novaPDF.com
Zalika, R. D. Z., & Rusmawati, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren Kelas X Ma Ribatul Muta’Allimin Pekalongan. Jurnal EMPATI, 11(2), 72–79. https://doi.org/10.14710/empati.2022.34426
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.