Hubungan Antara Pola Asuh Islami Dengan Kecerdasan Emosional Pada SMK Di Kabupaten Semarang

Hazma Almazeyyah, Joko Kuncoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional pada siswa SMK Islam Sudirman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden berjumlah 100 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Pola Asuh Islami yang terdiri dari 35 aitem dan skala kecerdasan emosional yang terdiri 16 aitem. Teknis analisis data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu korelasi product moment. Hasil dari uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan positif antara pola asuh islami dengan 0.204 dengan taraf signifikasi 0,00 (p< 0,05).


Keywords


Pola Asuh Islami, Kecerdasan emosional

Full Text:

PDF

References


Pinaria, A., S. Manampiring, A., E. & Umbuh, A. (2024). Hubungan antara kebiasan merokok, konsumsi alkohol dan faktor sosiodemografis dengan kualitas hidup remaja di kabupaten minahasa utara. e-Clinic, 12(1), 96-106

Yunia, S.,A., P. Sari, L. & Suparwati, M (2019) Hubungan kecerdasan emosional dengan kenakalan remaja pada siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 55-64

Adibussholeh, H. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dengan Kenakalan Siswa. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 151-164.

Swadnyana, I., P., A. & Tobing, D., H. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan agresivitas pada remaja madya di SMA dwijendra denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 120-129

Dhuha, N., M., S. (2022). Hubungan kecerdasan emosi dengan agresivitas pada siswa smk. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(3), 89–97.

Azwar, Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat