Hubungan Antara Pola Asuh Islami Dengan Kecerdasan Emosional Pada SMK Di Kabupaten Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional pada siswa SMK Islam Sudirman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden berjumlah 100 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Pola Asuh Islami yang terdiri dari 35 aitem dan skala kecerdasan emosional yang terdiri 16 aitem. Teknis analisis data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu korelasi product moment. Hasil dari uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan positif antara pola asuh islami dengan 0.204 dengan taraf signifikasi 0,00 (p< 0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pinaria, A., S. Manampiring, A., E. & Umbuh, A. (2024). Hubungan antara kebiasan merokok, konsumsi alkohol dan faktor sosiodemografis dengan kualitas hidup remaja di kabupaten minahasa utara. e-Clinic, 12(1), 96-106
Yunia, S.,A., P. Sari, L. & Suparwati, M (2019) Hubungan kecerdasan emosional dengan kenakalan remaja pada siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 55-64
Adibussholeh, H. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dengan Kenakalan Siswa. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 151-164.
Swadnyana, I., P., A. & Tobing, D., H. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan agresivitas pada remaja madya di SMA dwijendra denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 120-129
Dhuha, N., M., S. (2022). Hubungan kecerdasan emosi dengan agresivitas pada siswa smk. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(3), 89–97.
Azwar, Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.