Hubungan Antara Celebrity Worship Dengan Kecenderungan Impulsive Buying Pada Dewasa Awal Penggemar K-Pop Di Semarang

Indah Dwi Putri, Zamroni Zamroni

Abstract


Pada era kemajuan teknologi ini, maraknya fenomena korean wave atau hallyu. Fenomena tersebut identik dengan musik, film, drama, dan acara ragam yang disajikan dengan budaya dari Korea Selatan. Penggemar hallyu biasa disebut dengan sebutan "penggemar Korea atau K-pop". Penggemar K-pop yang terlalu menyukai idolanya secara berlebihan akan menyebabkan celebrity worship dan kecenderungan impulsive buying. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara celebrity worship dan kecenderungan impulsive buying pada penggemar K-pop usia dewasa awal di Semarang. Pengumpulan data melalui kuisioner yang dibagikan kepada 162 orang di komunitas penggemar K-pop, Semarang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rxy= 0,501 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal tersebut berarti bahwa terdapat hubungan positif yang cukup antara celebrity worship dengan kecenderungan impulsive buying pada dewasa awal penggemar K-pop di Semarang. Semakin tinggi celebrity worship, semakin tinggi pula kecenderungan impulsive buying. Sebaliknya, semakin rendah celebrity worship, semakin rendah pula kecenderungan impulsive buying.


Keywords


Celebrity Worship, Impulsive Buying, Penggemar K-pop

Full Text:

PDF

References


Ahmed, D. R. R., Soomro, H. A., ali, kashif, & ali, wajid. (2015). Influence of Lifestyle and Cultural Values on Impulse Buying Behavior. SSRN Electronic Journal, September 2015. https://doi.org/10.2139/ssrn.2656033

Asrie, N. D., & Misrawati, D. (2020). Celebrity worship dan Impulsive buying pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008

Azwar, Saifuddin. (2019). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian (16th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. (2022). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brooks, G., Drenten, J., & Piskorski, M. J. (2021). Influencer Celebrification: How Social Media Influencers Acquire Celebrity Capital. Journal of Advertising, 50(5), 528–547. https://doi.org/10.1080/00913367.2021.1977737

Cahyani, D., & Purnamasari, Y. (2019). Celebrity Worship on Early Adult K-Pop Fangirling.

(Acpch 2018), 167–170. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.41

Creswell, J. W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. (2003). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Erikson, E. (1993). Childhood and Society. In Journal of Materials Science: Materials in Medicine

(Vol. 18, Issue 6). https://doi.org/10.1007/s10856-007-0140-3

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Iqbal, R. (2019). Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota? IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah- fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota

Khairunnisa, A. F., Priyatama, A. N., & Astriana, S. (2021). Impulsive Buying Pada Fans K-Pop Di Twitter. Jurnal Psikohumanika, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.31001/j.psi.v13i2.1332

Krueger, D. W. (1988). On compulsive shopping and spending: A psychodynamic inquiry. American Journal of Psychotherapy, 42(4), 574–584. https://doi.org/10.1176/appi.psychotherapy.1988.42.4.574

Kusmawan, P. F. D., & Sari, Y. (2024). Celebrity Worship: A Scoping Review. Bandung Conference Seri1–8. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSPS/article/view/9932

Maharani, C., Viza Juliansyah, & Desca Thea Purnama. (2024). Fenomena Korean Wave dan Fanatisme Penggemar Dalam Bermedia Sosial Studi Kelompok Fandom di Kota Pontianak. Jurnal Sosiologi Nusantara, 10(1), 18–42. https://doi.org/10.33369/jsn.10.1.18-42

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411–428. https://doi.org/10.1348/0007126042369794

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.07.004

Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35. https://doi.org/10.23916/08430011

Rafsanjani, A. (2014). Analisis Perilaku Fanatisme Penggemar Boyband Korea (Studi Pada Komunitas Safel Dance Club).

Rojek, C. (2012). Fame Attack: The Inflation of Celebrity and its Consequences. London: Bloomsbury Academic.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452

Santrock, J. W. (1999). A topical approach to lifespan (M. J. Sugarman (ed.); 2nd ed.). New York: McGraw-Hill.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill.

Sari, D. P., Widad, A., & Eka, D. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Konsumen Butik 79 di Palembang Trade Center Palembang. - Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2, 91–104.

Sheridan, L., North, A., Maltby, J., & Gillett, R. (2007). Celebrity Worship, Addiction and Criminality. Psychology, Crime and Law, 13(6), 559–571. https://doi.org/10.1080/10683160601160653

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Veronica, M., & Paramita, S. (2019). Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album

K-Pop. Koneksi, 2(2), 433. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3920

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.), 71–83. https://doi.org/10.1002/per.423

Zahra, S. (2019). Penggemar Budaya K-pop (Studi Mengenai Ideologi Penggemar Budaya K-Pop Pada Fandom iKONIC di Kota Surabaya). In Universitas Airlangga (Vol. 11, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat