Fear of Failure Ditinjau dari Pola Asuh Otoritatif dan Kepercayaan Diri pada Siswa SMK Negeri 3 Jepara

Ma’isya Ailah, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dan kepercayaan diri terhadap rasa takut gagal pada siswa kelas XII SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 465 dan sampel sebanyak 135 yang dipilih melalui Probability Sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama sebagai anggota sampel. Teknik yang digunakan adalah cluster random sampling dengan mengambil sampel dari populasi karena populasinya cukup besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-3 hipotesis yang diajukan ditolak atau dengan kata lain ketiga variabel dalam penelitian ini tidak signifikan dengan metode pengujian hipotesis pertama menggunakan teknik regresi berganda untuk menguji hubungan pola asuh authoritative dan kepercayaan diri terhadap rasa takut gagal pada siswa kelas XII SMKN 3 Jepara diperoleh hasil nilai R sebesar 0,179 dan nilai F hitung = 2,196 dengan taraf signifikansi 0,115 (p>0,05). Metode pengujian hipotesis kedua dan ketiga menggunakan teknik analisis korelasi parsial untuk mengetahui hubungan pola asuh otoritatif dengan rasa takut gagal dan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan rasa takut gagal siswa kelas XII SMKN 3 Jepara diperoleh hasil nilai signifikansi hipotesis kedua sebesar 0,257 (p>0,05) dan nilai signifikansi hipotesis ketiga sebesar 0,183 (p>0,05).

Keywords


takut gagal, pola asuh authoritative, kepercayaan diri, siswa SMK, orang tua

Full Text:

PDF

References


Erfelina, A., Ediati, A (2017). Hubungan antara kesiapan kerja dengan ketakutan menghadapi kegagalan pada siswa SMK Negeri 1 Blora. Jurnal Empati, 6(1(5), 17–20.

Anoita, B. S., Tiatri, S., & Sari, M. P. (2020). The relationship between fear of failure and student academic achievement with procrastination as mediating variable. Atlantis Press, 478, 538–543. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.082

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk karakter anak. Jurnal IAIN Salatiga, 5(1).

Azwar, S. (2021). Penyusunan skala psikologi, Edisi 2 (2nd ed.). Yogyakarta: (Anggota IKAPI) Pustaka Pelajar.

Bourne, E. J. (2020). The anxiety and phobia workbook. New York: New Harbinger Publications.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Ghufron & Risnawita. (2012). Teori-teori psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamzah Bauzir, N., & Zulfiana, U. (2021). Fear of failure dengan ketidakjujuran akademik pada siswa SMA yang menjalankan sistem kredit semester. Cognicia, 9(2), 85–98. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i2.15743

Kurniasari, V., Narulita, S., & Wajdi, F. (2022). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter religiusitas anak. Mozaic : Islam Nusantara, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i1.281

Najmil ‘Ulumiyah, & Retno Sulistiyaningsih. (2024). Pengaruh self-efficacy terhadap fear of failure pada mahasiswa tingkat akhir di universitas negeri malang. Flourishing Journal, 4(7), 315–325. https://doi.org/10.17977/um070v4i72024p315-325

Novillasari, M., & Mardhiyah, S. A. (2021). Hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan ketakutan akan kegagalan akademik pada anak sulung. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(2), 297–313. https://doi.org/10.32528/ins.v

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Pradini, R. F. B., & Sera, D. C. (2021). Fear of failure pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2820–2828. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/366

Shadiqi, M. A. (2023). Statistik untuk penelitian psikologi dengan SPSS. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sianipar, C. S., & Sawitr, D. R. (2015). Pola asuh otoritatif orang tua dalam mengambil keputusan karir pada mahasiswa tahun pertama. Jurnal Empati, 4(4), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2015.13391

Siswadi, G. A. (2022). Dualitas harapan dan ketakutan di dalam hidup manusia: sebuah telaah filosofis. Widya Katambung:Jurnal FisalfatAgama Hindu, 13(1), 1–26. https://doi.org/10.33363/wk.v13i1.792

Sunarty, K. (2016). Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Syam, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi imm terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi. Jurnal Biotek, 5(1), 87–102. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Widhiarso, W. (2012). Hasil uji statistik dan penulisan butir yang kurang tepat. Ugm, 1–5. http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/wp/wp-content/uploads/Widhiarso-Hasil-Uji-Tidak-Signifikan-Bisa-jadi-Karena-Penulisan-Butir-yang-Kurang-Tepat.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat