Hubungan Antara Fear of Negative Evaluation dan Harapan Orang Tua dengan Kecemasan Akademik Siswa di MTsN 1 Kota Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fear of negative evaluation dan harapan orang tua dengan kecemasan akademik siswa di MTsN 1 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas IX di MTsN 1 Kota Semarang dengan jumlah 152 orang yang diambil dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala fear of negative evaluation yang berjumlah 10 aitem dengan reliabilitas 0,806. Skala harapan orang tua berjumlah 18 aitem dengan reliabilitas 0,776. Skala kecemasan akademik yang berjumlah 9 aitem dengan reliabilitas 0,737. Analisis regresi digunakan untuk menguji hubungan antara fear of negative evaluation dan harapan orang tua dengan kecemasan akademik diperoleh nilai R = 0,621 dengan taraf signifikansi 0,000 (p>0,01) artinya ada hubungan yang signifikan antara fear of negative evaluation dan harapan orang tua dengan kecemasan akademik. Berarti hipotesis pertama yang diajukan diterima. Fear of negative evaluation dan harapan orang tua secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 37,8% terhadap kecemasan akademik. Hipotesis kedua dan ketiga menggunakan analisis data korelasi parsial. Hipotesis kedua diperoleh nilai rx1y = 0,616 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya ada hubungan positif yang signifikan antara fear of negative evaluation dengan kecemasan akademik yang berarti hipotesis kedua diterima. Hipotesis ketiga diperoleh nilai rx2y = -0,135 dengan taraf signifikansi 0,097 (p>0,05), artinya tidak ada hubungan antara harapan orang tua dengan kecemasan akademik yang berarti hipotesis ketiga ditolak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bozdağ, B. (2021). Examination of university students ’ fear of negative evaluation and academic dishonesty tendencies. 8(August), 176–187.
Cassady, J. C., Pierson, E. E., & Starling, J. M. (2019). Predicting Student Depression With Measures of General and Academic Anxieties. Frontiers in Education, 4(February), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00011
Cooper, K. M., & Brownell, S. (2020). Student Anxiety and Fear of Negative Evaluation in Active Learning Science Classrooms. February. https://doi.org/10.1007/978-3-030-33600-4
Downing, V. R., Cooper, K. M., Cala, J. M., Gin, L. E., & Brownell, S. E. (2020). Fear of negative evaluation and student anxiety in community college active-learning science courses. CBE Life Sciences Education, 19(2), 1–16. https://doi.org/10.1187/cbe.19-09-0186
Farrasia, F., Safira, D., Hairul, S., Ramadhani, S. P., & Yulandari, Z. A. (2023). TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. 1(2), 49–57.
Ganesh Kumar J, Athilakshmi R, Maharishi R, & Maya R. (2015). Relationship between Fear of Negative Evaluation and Anxiety. International Journal of Indian Psychology, 3(1). https://doi.org/10.25215/0301.101
Ghanantika, Z. (2024). Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Muslim Di Indonesia.
Hanifanisa, G. I. (2023). HUBUNGAN ANTARA FEAR OF NEGATIVE EVALUATION DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA.
Istiantoro, D. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 629–635.
Julita, D. (2023). Hubungan Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua dengan Fear of Failure pada Fresh Graduated di Kota Banda Aceh.
Leary, M. R. (1983). A Brief Version of the Fear of Negative Evaluation Scale. In Personality and Social Psychology Bulletin (Vol. 9, Issue 3, pp. 371–375).
Lestari, B. Y. A., Kurniawan, F., & Ardi, B. R. (2020). Penyebab tingginya anak putus sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299–308.
Manzoor, Z., & Hassan, M. (2018). “Parental Expectations And Its Relation To Academic Anxiety Among Senior Secondary School Students.” International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 6(1), 436–445. www.ijcrt.org
Maqsood, A., & Ijaz, T. (2013). Development and Validation of Study Anxiety Scale for School Students. 11(1), 29–35.
Najwa, A. (2021). Pengaruh Self-Efficacy, Harapan Orang Tua dan Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik pada Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Peleg, O., Deutch, C., & Dan, O. (2016). Test anxiety among female college students and its relation to perceived parental academic expectations and differentiation of self. Learning and Individual Differences, 49, 428–436. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.06.010
Rosalinda, I., & Fricilla, N. (2015). FEAR OF NEGATIVE APPEARANCE EVALUATION TERHADAP CITRA TUBUH WANITA. 4, 49–58.
Sasikala, S., & Karunanidhi, S. (2011). Development and Validation of Perception of Parental Expectations Inventory. 37(1), 114–124.
Solihah, F. I., & Liana, C. (2017). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 12 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 5(3), 1138–1150.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). PENDIDIKAN FORMAL, PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENDIDIKAN INFORMAL. 2(2), 125–131.
Watson, D. (1969). MEASUREMENT OF SOCIAL-EVALUATIVE ANXIETY 1. 33(4), 448–457.
Widhiarso, W. (2012). Hasil Uji Statistik dan Penulisan Butir yang Kurang Tepat. 1–5.
Zheng, G., Zhang, Q., & Ran, G. (2023). The association between academic stress and test anxiety in college students: The mediating role of regulatory emotional self-efficacy and the moderating role of parental expectations. Frontiers in Psychology, 14(February), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1008679
Bozdağ, B. (2021). Examination of university students ’ fear of negative evaluation and academic dishonesty tendencies. 8(August), 176–187.
Cassady, J. C., Pierson, E. E., & Starling, J. M. (2019). Predicting Student Depression With Measures of General and Academic Anxieties. Frontiers in Education, 4(February), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00011
Cooper, K. M., & Brownell, S. (2020). Student Anxiety and Fear of Negative Evaluation in Active Learning Science Classrooms. February. https://doi.org/10.1007/978-3-030-33600-4
Downing, V. R., Cooper, K. M., Cala, J. M., Gin, L. E., & Brownell, S. E. (2020). Fear of negative evaluation and student anxiety in community college active-learning science courses. CBE Life Sciences Education, 19(2), 1–16. https://doi.org/10.1187/cbe.19-09-0186
Farrasia, F., Safira, D., Hairul, S., Ramadhani, S. P., & Yulandari, Z. A. (2023). TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. 1(2), 49–57.
Ganesh Kumar J, Athilakshmi R, Maharishi R, & Maya R. (2015). Relationship between Fear of Negative Evaluation and Anxiety. International Journal of Indian Psychology, 3(1). https://doi.org/10.25215/0301.101
Ghanantika, Z. (2024). Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Muslim Di Indonesia.
Hanifanisa, G. I. (2023). HUBUNGAN ANTARA FEAR OF NEGATIVE EVALUATION DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA.
Istiantoro, D. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 629–635.
Julita, D. (2023). Hubungan Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua dengan Fear of Failure pada Fresh Graduated di Kota Banda Aceh.
Leary, M. R. (1983). A Brief Version of the Fear of Negative Evaluation Scale. In Personality and Social Psychology Bulletin (Vol. 9, Issue 3, pp. 371–375).
Lestari, B. Y. A., Kurniawan, F., & Ardi, B. R. (2020). Penyebab tingginya anak putus sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299–308.
Manzoor, Z., & Hassan, M. (2018). “Parental Expectations And Its Relation To Academic Anxiety Among Senior Secondary School Students.” International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 6(1), 436–445. www.ijcrt.org
Maqsood, A., & Ijaz, T. (2013). Development and Validation of Study Anxiety Scale for School Students. 11(1), 29–35.
Najwa, A. (2021). Pengaruh Self-Efficacy, Harapan Orang Tua dan Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik pada Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Peleg, O., Deutch, C., & Dan, O. (2016). Test anxiety among female college students and its relation to perceived parental academic expectations and differentiation of self. Learning and Individual Differences, 49, 428–436. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.06.010
Rosalinda, I., & Fricilla, N. (2015). FEAR OF NEGATIVE APPEARANCE EVALUATION TERHADAP CITRA TUBUH WANITA. 4, 49–58.
Sasikala, S., & Karunanidhi, S. (2011). Development and Validation of Perception of Parental Expectations Inventory. 37(1), 114–124.
Solihah, F. I., & Liana, C. (2017). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 12 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 5(3), 1138–1150.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). PENDIDIKAN FORMAL, PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENDIDIKAN INFORMAL. 2(2), 125–131.
Watson, D. (1969). MEASUREMENT OF SOCIAL-EVALUATIVE ANXIETY 1. 33(4), 448–457.
Widhiarso, W. (2012). Hasil Uji Statistik dan Penulisan Butir yang Kurang Tepat. 1–5.
Zheng, G., Zhang, Q., & Ran, G. (2023). The association between academic stress and test anxiety in college students: The mediating role of regulatory emotional self-efficacy and the moderating role of parental expectations. Frontiers in Psychology, 14(February), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1008679
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.