Hubungan Antara Optimisme Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung

Eka Nur Ardiany, Abdurrohim Abdurrohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hubungan antara optimisme dengan motivasi belajar pada mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 116 subjek. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala optimisme yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,966 dan motivasi belajar dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,879. Hasil analisis korelasi pearson diperoleh skor koefisien sebesar rxy=0,662 dengan taraf skor signifikansi 0,000(p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi belajar dan optimisme pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Begitupun sebaliknya, makin rendah motivasi belajar maka akan makin rendah optimisme pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Keywords


Motivasi Belajar, Optimisme

Full Text:

PDF

References


Anas, m., & aryani, f. (2014). Motivasi belajar mahasiswa merosot. Indonesian journal of educational studies, 16(1), 41–46. Https://hariansinggalang.co.id/motivasi-belajar-mahasiswa-merosot/

Angga, s. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, 15(2).

Ayu desy n. Endah lulup t p. Dan suharsono naswan. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar spiritual hasil belajar akuntansi. Jurnal ekonomi, 4(e-mail: {desy.ayu22@yahoo.com, lulup_tripalupi@yahoo.com, naswan_sh@yahoo.com}@undiksha.ac.id abstrak), 4.

Fawzyah, f., yulhendri, y., & sofya, r. (2019). Pengaruh dukungan orang tua dan optimisme terhadap motivasi beprestasi siswa ekonomi. Jurnal ecogen, 2(2), 176. Https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7310

Hamdu, g., & agustina, l. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 25–33.

Hendrizal. (2020). Rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal riset pendidikan dasar dan karakter, 2(1), 44–53. Https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/57/48

Kiling, i. Y., manafe, y. M., & bunga, b. N. (2019). Optimisme disposisional dan pengukurannya pada orang usia lanjut. Journal of health and behavioral science, 1(1), 1–12. Https://doi.org/10.35508/jhbs.v1i1.2079

Mendari, a. S. K. (2010). 1 aplikasi teori hierarki kebutuhan maslow dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa anastasia sri mendari. Widya warta: jurnal ilmiah universitas katolik widya mandala madiun, 34(01), 82–91. Epository.widyamandala.ac.id/536/1/b. Anastasia sri mendari

Musabiq, s. A., & meinarno, e. A. (2017). Optimisme sebagai prediktor psikologis pada mahasiswa kebidanan optimsm as a psychological predictors in midwifery students. Jurnal kedokteran dan kesehatan, 13(2), 134–143.

Permana, a. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan mipa, 6(3), 276–283. Https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.999

Prihartanta, w. (2015). Teori-teori motivasi prestasi. Universitas islam negeri ar-raniry, 1(83), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat