Implementation of Primary School Students' Religious Character Through School Culture
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aflahul, Awwalina. 2019. “Analisis Implementasi Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Mi):5–24.
Ahmad, Kahardian. 2021. “Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Man 2 Banyuwangi.” Skripsi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Aji, Febrian Andika Saptono dan Achadi Budi Santosa. 2023. “Student Character in the Use of Learning Technology.” Asian Journal of Education and Social Studies 48(1):70–77.
Alhuda, Najib Subchan. 2020. “Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa.” Media Manajemen Pendidikan 3(2):208.
Amelia, Mitha dan Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5548–55.
Annisa, Firdah, Badruli Martati, dan Deni Adi Putra. 2023. “Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Glasser 7(1):122–32.
Aprilia, Anisa dan Effendi Nawawi. 2023. “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah.” Jurnal Pengabdian West Science 2(01):109–20.
Faizah, Nurul. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMP Santo Bernardus Madiun.” Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 2(1):1–19.
Husein, Afif. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Unggul di SD Muhammadiyah Plus dan SD Islam Al-Azahar 22 Kota Salatiga.” Innovative Education Journal 4(3):1–13.
Husnah, Safiratul. 2016. Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Vol. 1.
Imron, Dita Fathi Chotul dan Feri Tirtoni. 2023. “Implementation of Teaching Religious Character Through School Culture to Grade 3 Students at Muhammadiyah Elementary School 2 Taman Sepanjang.” Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies 5:1–10.
Indarti, Devi. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SDIT Jabal Nur Gamping.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 33(7):3.271-3.282.
Indarwati, Eni. 2020. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah.” Media Manajemen Pendidikan 3(2):163.
Judiani, Sri. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16(9):280–89.
Khairani, Alfira Nur dan Muhib Rosyidi. 2022. “Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.” Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(2):199–210.
Khoirul, Muhamad, Anam Ma, dan Ahmad Nurul Kawakip. 2023. “Penerapan Nilai -Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah di MI Ar Rahmah Jabung - Malang.” 05(02):1769–78.
Lutfiana, Rose Fitria, Aflahul Awwalina Mey R, dan Trisakti Handayani. 2021. “Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Karakter 12(2):174–83.
Muna, B., M. A. Rahman, dan S. Amelia. 2022. “Pentingnya Manajemen Kesiswaan Bagi Peserta Didik Di sekolah.” Tugas Mata Kuliah … 57–66.
Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, dan Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.
Nuraeni, Intan dan Erna Labudasari. 2021. “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5(1):119.
Prantika, Asmariani, B. R. Kaban, Sekolah Tinggi, Keguruan Dan, Ilmu Pendidikan, dan Widya Yuwana. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMP Santo Bernardus Madiun.”
Rahayu, Arum Widhi, Harto Nuroso, dan Singgih Adhi Prasetya. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah ‘ Shalat Berjamaah .’” Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah 2(3):432–37.
Santosa, Achadi B. 2018. “Character Development of Effective School Leadership.” Hal. 51–58 in International Colloquium: Opportunities and Challenges on Education Management in 21st Century. Vol. 1.
Santosa, Achadi Budi. 2022. “Organizational Culture as The Basis of Teacher Performance Development.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(3):962–73.
Santosa, Achadi Budi dan Muhammad Zuhaery. 2021. “Membangun Karakter Siswa melalui Kesantunan Bahasa.” Perspektif Pendidikan dan Keguruan 12(2):84–89.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Kualitatif.” 13:85–100.
Syaputra, Adi dan Achadi Budi Santosa. 2022. “The Contribution of Organizational Culture in Schools to Improving Teacher Performance.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 8(01):49–58.
Yahya, Safaruddin. 2022. “Implementasi Karakter Religius Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Kota Baubau.” Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar 2(2):136–43.
Yani. 2019. “Membentuk Akhlak Siswa.” 15–23.
Yulianti, Junari, Halimah Thusa’diah, dan Andi Prastowo. 2023. “Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(3):1907–15.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.6.2.106-115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.
Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id.ÂÂ