Inovasi Penilaian Hasil Belajar Model POT di Era Merdeka Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, R. Z. (2016). Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif.
Abidin, Y. (2012). Model penilaian autentik Dalam pembelajaran membaca pemahaman Beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2).
Bakar, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 1(1), 99–123.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Barokah, M. (2019). Manajemen Penilaian Sumatif Pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 159–179.
Bisri, H., & Ichsan, M. (2015). Penilaian autentik dengan teknik nontes di sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 81–93.
Blegur, J., Wasak, M. R. P., & Manu, L. (2017). Penilaian formatif peserta didik atas kompetensi pendidik dalam proses pembelajaran. Satya Widya, 33(2), 117–127.
Ekawatiningsih, P. (2016). PENGEMBANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 11(1).
Heryadi, D. (2007). Entry Level Assessment Sebagai Salah Satu Program Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lulusan Lptk: Kajian Literatur Tentang Konsep Dan Pengaplikasiannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 300–313.
Indrawati, E., & Pertiwi, P. R. (2007). Penjaminan Kualitas Lulusan Melalui Penyelenggaraan Tugas Akhir Program. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(1), 1–14.
Ismail, F. (2013). Inovasi evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam (Model-model penilaian berbasis afektif). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 228–259.
Isnaini, L., & Surawan, S. (2022). ANALISIS PERENCANAAN KURIKULUM MERDEKA MA MANBAIL FUTUH KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 957–961.
Jassin, S. N. A. (2022). Pengembangan Kurikulum Inovatif Dan Penerapan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Risalah, 1(1), 44–56.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. na.
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66–78.
Marisa, M., & Hawi, A. (2021). ASESMEN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DALAM KONTEKS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. SOSIOEDUKASI: JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 10(1), 125–138.
Mawardi, A. V., Yanti, A. W., & Arrifadah, Y. (2020). Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal hots ditinjau dari gaya kognitif. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 40–52.
Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Musfiqon, H. (2016). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Muta’ali, J. A. (2020). Opini masyarakat tentang asesmen nasional sebagai penganti ujian nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.
Nduru, M. P. (2023). PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR. URGENSI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR, 37.
Nurgiantoro, B. (2018). Penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa. UGM PRESS.
Nurjannah, N. (2017). Efektivitas bentuk penilaian formatif disesuaikan dengan media pembelajaran. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 75–90.
Ridwan, M., Suhar, A., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.
Setiani, F. (2011). Pengembangan asesmen alternatif dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 250–268.
Supianto, S. (2022). PENILAIAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(2), 174–181.
Suriyani, M., Susanti, T., & Yuni Kurniwati, W. (2021). Konstruksi Instrumen Asesmen bagi Pendidik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis PBL ((problem based learning).
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357
Warsiyah, Warsiyah, Sukijan Athoillah, and Ahmad Soqiluqi. “IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA PADA PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR PAI.” Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 11, no. 1 (June 5, 2023): 1. https://doi.org/10.31942/pgrs.v11i1.8231.
Wulan, A. R. (2007). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. Jurnal, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012–3024.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.7.1.39-51
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.
Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id.ÂÂ