ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN PELAYANAN PERIZINAN ONLINE “SI CANTIK†PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIST (IPA)

Diah Ayu Rahmawati, Joni Karman, Ahmad Sobri

Abstract


E-Government memberikan pelayanan publik terhadap masyarakat. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Lubuk Linggau, telah menggunakan teknologi pelayanan perizinan online yaitu SICANTIK. Kendala yang dirasakan oleh pegawai, seperti gangguan yang terjadi akibat maintenance system mempengaruhi aktivitas pelayanan. Dilakukan analisis terhadap aplikasi SiCantik cloud pada DPMPTSP Kota Lubuklinggau. Memperhatikan faktor yang mempengaruhi kepuasan pemakai digunakan sebagai saran serta masukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan kinerja dari aplikasi tersebut secara maksimal. Metode Importance Performance Analysist (IPA) sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan penggunaan aplikasi. Aplikasi diukur dengan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja menggunakan 3 variabel sebagai indikator yaitu Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi, dan Kemudahan terdapat 100 responden. Hasil pemetaan nilai gap yaitu sebesar 0,04 dimana nilai variabel Kemudahan sebesar  -0 07, variabel Kualitas Informasi 0,01, variabel Kualitas Interaksi -0,07. Kemudian dilakukan pemetaan setiap item pada diagram kartesius dengan sumbu X (performance) sebesar 3,81 dengan sumbu Y (importance) sebesar 3,85. Kepuasan terhadap kualitas layanan aplikasi SiCantik DPM-PTSP Kota Lubuklinggau dilihat dari kemudahan, kualitas informasi, dan kualitas Interaksi memiliki kinerja yang baik serta dapat memenuhi harapan pengguna. Hasil pemetaan diagram diperoleh 2 indikator yang perlu di tingkatkan, 7 indikator yang perlu dipertahankan oleh DPM-PTSP Kota Lubuklinggau. Terdapat 11 indikator yang tidak dianggap penting pada kuadran C dan D.

Keyword: Analisis, Importance Performance Analysist, Kepuasan Pengguna


Full Text:

PDF

References


R. Industri, D. A. N. Tantangan, and P. Sosial, “Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial,†pp. 22–27.

S. Kasus, Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi. 2018.

M. Kualitas, S. Informasi, and U. Harian, “Available Online:https://dinastirev.org/JEMSI Page 334,†vol. 1, no. 4, pp. 334–340, 2020, doi: 10.31933/JEMSI.

J. O. Ong and J. Pambudi, “Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo ( Persero ),†vol. IX, no. 1, pp. 1–10.

S. Maghfiroh and I. K. D. Nuryana, “Penerapan Metode TAM dan DeLone And McLean IS Succes untuk Mengevaluasi Keberhasilan Aplikasi Lazada,†vol. 03, no. 03, pp. 24–32, 2022

D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013

D. Hartomi, A. Padma, and D. Mutiarin, “Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik ( Studi pada Inovasi Pelayanan ‘ Kumis MbahTejo ’ di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta ),†pp. 156–167.

I. D. A. N. Perpustakaan, S. Ellyusman, and R. F. Hutami, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis ( Ipa ) ( Studi Kasus Pada Website Portal Akademik Universitas Xyz Bandung ) Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Universitas Telkom maka aspek tata kelola Portal Akademik yang baik perlu dilakukan . Berdasarkan Untuk meningkatkan kualitas Portal Akademik Direktorat Sistem,†vol. 5, no. 1, pp. 1385–1404, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.