Penerapan Metode TOPSIS dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan pada Perusahaan Furniture Manufacturing & Trading

Rendi Triberni Bastian, Mulyati Mulyati

Abstract


Kinerja karyawan menentukan kemajuan dari suatu perusahaan, Sumber Daya Manusia yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan, dengan SDM dan pengelolaan SDM yang baik akan meningkatkan kinerja karyawan ke arah yang lebih positif. Penilaian kinerja yang baik dan adil dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam upaya meningkatkan kinerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan layanan. Perusahaan yang diteliti merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang furniture manufacturing & trading yang dimana dalam penilaian kinerja karyawan yang dilakukan masih tidak optimal. Sistem yang dapat membantu pengambilan keputusan untuk penilaian kinerja yang multikriteria dan objektif serta lebih efisien dan efektif dibutuhkan untuk membuat penilaian kinerja lebih optimal. Pembangunan suatu Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode TOPSIS membuat penilaian dengan multikriteria dapat dilakukan lebih efektif, efisien, dan lebih objektif. Sistem dikembangkan dengan metodologi Rational Unified Proccess (RUP) dengan bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL. Hasil dari penelitian dan pembangunan sistem adalah dapat membantu perusahaan dalam mendukung pengambilan keputusan yang lebih objektif, transparan dan efisien.
Keyword: Sistem Pendukung Keputusan,  Penilaian Kinerja, TOPSIS, Rational Unified Proccess (RUP)




Full Text:

PDF

References


Iskandar D. Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dan Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Karyawan. J Ilm Bisnis dan Ekon Asia. 2018;12(1):23–31.

Gunadi D, Lamsah, Zamilah E. Analisis Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Pada Cv.Surya Prima Kayu Tangi Banjarmasin. J Psikol Klin dan Konseling Mesir. 2022;10(1):1–52.

Setiyaningsih W. Konsep Sistem Pendukung Keputusan. Yayasan Edelweis. 2015. 1–110 hal.

Kusumadewi, Sri, dkk. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006.

A.S. Rosa, dan Shalahuddin. M â€Rekayasa Perangkat Lunakâ€, 1 st ed, Bandung: Informatika, 2013.

Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. Sixth Systems Analysis and Design In a Changin World. 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.