ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN PENGUNA APLIKASI LIVIN BY MANDIRI MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) STUDI KASUS UNIVERSITAS BINA INSAN LUBUKLINGGAU

Rere Ingga Dewa Ndaru, Joni Karman, Muhammad Nur Alamsyah

Abstract


Kemajuan teknologi informasi, khususnya internet, memberikan dampak positif dan kemudahan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Hal ini terlihat pada munculnya berbagai bisnis online yang mengandalkan kecanggihan teknologi internet. Bank Mandiri memanfaatkan teknologi internet dengan menyediakan aplikasi mobile banking resmi bernama Livin By Mandiri untuk mempermudah customer dalam melaksanakan transaksi perbankan secara online. Aplikasi Livin by Mandiri mengintegrasikan semua jenis rekening, termasuk tabungan, pinjaman personal, dan kartu kredit, serta terhubung dengan ekosistem digital lainnya seperti e-wallets. Metode Technology Acceptance Model (TAM) digunakan dalam analisis ini. Dengan Livin by Mandiri, nasabah dapat melakukan pembayaran dan transfer dengan satu aplikasi saja

Keyword: kemajuan teknologi; technology acceptance model (TAM).; APP livin by mandiri e-bangking; e-wallets; mobile banking.


Full Text:

PDF

References


M. Hasanudin, “Aplikasi E-Commerce Sistem Informasi Penjualan Rolling Door Berbasis Rapid Application Development,†Petir, vol. 12, no. 1, 2019, doi: 10.33322/petir.v12i1.368.

S. Nawangasari and N. D. Putri, “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bni Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervening,†J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 1, pp. 55–63, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i1.839.

G. Gunadi and I. K. Sudaryana, “Analisa Tingkat Penerimaan Aplikasi Scratch Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),†Infotech J. Technol. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.37365/jti.v7i1.101.

F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta),†J. Terap. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 87–98, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.20.

T. Sugihartono and R. R. C. Putra, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik,†Satin, vol. Vol. 06, no. 2020, pp. 96–105, 2020, doi: 10.33372/stn.v6i2.651.

J. Saputra, S. Satrianansyah, H. O. L. Wijaya, and ..., “Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA,†J-SAKTI (Jurnal Sains …, vol. 5, pp. 318–327, 2021.

Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RINERKA CIPTA, 2013.

I. Lenaini, “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan,†J. Kajian, Penelit. Pengemb. Pendidik. Sej., vol. 6, no. 1, pp. 33–39, 2021, [Online]. Available: p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D


Refbacks

  • There are currently no refbacks.