Regulasi Emosi dan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi

Nisa’ul Mardhiyah, Falasifatul Falah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa yang mengambil kartu rencana studi (KRS) skripsi semester gasal di tahun ajaran 2023/2024. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah sampling kuota. Pengambilan data menggunakan skala stres akademik dan regulasi emosi. Skala stres akademik memiliki reliabilitas 0,892 dan terdiri dari 21 item. Skala regulasi emosi memiliki reliabilitas 0,914 dan terdiri dari 31 item. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi pearson, yaitu product moment. Hasil hipotesis menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan stres akademik dengan korelasi r=-0,570 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.