Development of Problem-Solving Ability Instruments for Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen skala problem solving yang dapat digunakan untuk mendeteksi kemampuan problem solving pada mahasiswa, serta menghasilkan instrumen yang standar dan dapat diandalkan dalam pengukuran problem solving. Problem solving merupakan proses menggunakan argumen dan analisis untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan masalah agar mencapai hasil yang diinginkan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah simple random sampling dengan pengumpulan data menggunakan skala likert yang disebarkan dalam bentuk google form dengan total sebanyak 351 respoden yang merupakan sample acak sederhana mahasiswa aktif di Indonesia. Berdasarkan uji validitas aspek mengidentifikasi permasalahan, aspek menganalisa rencana serta solusi permasalahan, aspek menjalankan solusi permasalahan, dan aspek mengevaluasi hasil solusi mendapatkan perolehan skor validitas 0,93 serta hasil uji reliabilitas alpha cronbach memperoleh sebesar 0,884. Maka dari itu, skala kemampuan problem solving dapat disimpulkan valid dan reliabel. Pengembangan instrumen ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa atau pihak yang melakukan pengumpulan data terutama terkait kemampuan problem solving.
Kata Kunci: Problem solving, pengembangan instrumen, mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Ariani, A. (2023, Juni 16). Beyond Blogging. Diambil kembali dari kompasiana: https://www.kompasiana.com/alicia78700/648c0ac24addee06a30d54e7/fenomena-salah-jurusan-pada-mahasiswa-indonesia
Barkman, S. J. (2001). "Four-fold: A research model for designing and evaluating the impact of your development programs.". [4-H] News and Views 54(4); 1, 4-6.
Dahani, & Muliati Abdullah, S. (2020). Pengambilan Keputusan Jurusan Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Mahasiswa. Seminar Nasional Hasil Penenlitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2008, 386–391. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/178
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2018). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Heppner, P. P., & Petersen, C. H. (1982). The development and implications of a personal problem-solving inventory. Journal of Counseling Psychology, 29(1), 66–75. https://doi.org/10.1037/0022-0167.29.1.66
Maulidya, A. (2018). Berpikir Dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 21.
Patnani, M.Si., Psi, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 1(2), 130–142. https://doi.org/10.24854/jps.v1i2.43
Polya. (1973). How To Solve It (p. 284). Princenton University Press Princeton and Oxford.
Saifuddin, A. (2020). Penyususnan Skala Psikologi . Dalam A. Saifuddin, Penyususnan Skala Psikologi (hal. 120). Jakarta : Prenadamedia Group.
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sary, D. S. E., & Hanggara, G. S. (2023). Problem Solving Mahasiswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 323–332.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39221
Refbacks
- There are currently no refbacks.