PELATIHAN REGULASI EMOSI: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih sebanak 21 partisipan sebagai kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan untuk pretest dan posttest adalah skala Emotion Regulation Questionnare (ERQ) yang terdiri dari 10 item, dengan 6 item mengukur strategi cognitive reappraisal dan 4 item mengukur strategi expressive supression. Pelatihan regulasi emosi dilaksanakan sebanyak 6 sesi dengan beberpa metode seperti ceramah, diskusi dan roleplay. Hasil analisis data menggunakan paired sample test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi dapat meningkatkan keteranpilan regulasi emosi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.19.1.66-75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Proyeksi by http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.